Bingung Milih Jasa Perusahaan Catering Yang Cocok Untuk Resepsi Pernikahan Anda? Yuk, Simak Dulu 4 Langkah Cerdas Berikut Ini!

Tips Memilih Jasa Catering Untuk Resepsi Pernikahan
Tips Memilih Jasa Catering Untuk Resepsi Pernikahan

Ketika sampai pada langkah memilih jasa catering bagi pesta pernikahan Anda, ingatlah bahwa resepsi pernikahan yang sempurna tidak hanya didukung oleh kenyamanan gedung pernikahan dan keindahan dekorasinya saja, namun salah satu faktor utama lain yang menjadi penilaian tersendiri bagi para tamu adalah makanan dengan sensasi rasa yang istimewa.

Itulah mengapa, keputusan dalam memilih catering pernikahan dapat diibaratkan sebagai kunci keberhasilan suatu resepsi pernikahan. Karena bila Anda berhasil memilih catering pernikahan yang tepat, maka seluruh tamu pastilah akan merasa puas menghadiri perayaan hari istimewa Anda tersebut.

Masalahnya adalah, saat ini, Anda akan dibuat pusing dengan munculnya begitu banyak perusahaan jasa catering pernikahan yang menawarkan pelayanan terbaik mereka dengan harga yang bersaing. Terlebih karena masing-masing penyedia jasa catering tersebut juga mempromosikan dirinya sebagai yang terbaik di bidangnya.

Eitz, tapi jangan buru-buru pusing dulu, karena yang terbaik menurut mereka, belum tentu menjadi yang terbaik menurut Anda dalam hal rasa makanan. Karena enak/tidaknya sebuah menu makanan, sedikit banyak tetap ditentukan oleh selera masing-masing orang.

Belum lagi selain soal rasa, masalah service atau pelayanan yang diberikan oleh masing-masing perusahaan catering turut menjadi pertimbangan tersendiri. Karena jangan lupa, selain waktu penyajian yang harus on time, faktor kebersihan juga menjadi sesuatu hal yang harus juga diperhatikan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ketika resepsi pernikahan berlangsung nanti.

Nah, bagi anda yang sedang bingung untuk menentukan jasa catering pernikahan mana yang sekiranya tepat bagi resepsi anda nanti, beberapa tips berikut ini mungkin dapat sedikit membantu anda:

Pertama, tentukan anggaran

Semua calon pengantin yang bijaksana tentunya tidak ingin menghabiskan seluruh tabungannya hanya untuk membiayai rangkaian pernikahannya saja. Untuk itu, ada baiknya jika Anda pun turut membuat sebuah pembukuan untuk menentukan anggaran tertentu bagi setiap kebutuhan menjelang hari pernikahan anda, termasuk juga catering pernikahan.

Sebagai referensi, biasanya calon pengantin yang memutuskan untuk mengadakan resepsi di ballroom hotel akan dikenakan biaya catering pernikahan tertentu dari pihak hotel yang sudah termasuk penggunaan ballroom dan fasilitas lainnya. Pihak hotelpun dalam hal ini akan menawarkan sejumlah paket pernikahan tertentu yang dapat anda pilih.

Namun jika anda termasuk calon pengantin yang memutuskan untuk menyewa gedung serbaguna untuk menghelat pesta pernikahan anda, ada baiknya jika anda mencari informasi terlebih dahulu mengenai daftar perusahaan catering pernikahan yang bermitra dengan pihak gedung serbaguna tersebut. Sebab, apabila catering pernikahan pilihan Anda tidak bermitra dengan pihak gedung, biasanya Anda akan dikenakan charge/biaya tambahan lain dalam jumlah tertentu.

Nah umumnya, masing-masing perusahaan catering pernikahan juga akan menginformasikan beberapa pilihan paket catering pernikahan tertentu sesuai dengan jumlah atau jenis makanan utama, makanan pembuka dan makanan penutup serta berbagai tambahan menu lainnya.

Dan disinilah anda dapat mulai menentukan besaran anggaran yang kira-kira harus dikeluarkan, Karena setelah mengetahui harga dari masing-masing paket catering yang ditawarkan anda dapat langsung mengalikannya dengan jumlah tamu yang hendak anda undang. Dan semakin banyak jumlah tamu undangan, tentu akan semakin besar pula anggaran yang harus anda persiapkan.

Lakukan survey terlebih dahulu

Dunia maya dan sosial media tampaknya merupakan tempat yang paling sesuai untuk langkah ini. Anda dapat berselancar di dunia maya untuk mencari informasi dari berbagai perusahaan catering yang melayani acara pernikahan.

Melalui informasi di dunia maya ini juga, Anda dapat melihat rekomendasi atau review dari orang-orang yang pernah menggunakan jasa catering tersebut (jika situs tersebut juga menyediakan kolom testimonial dari para pelanggannya).

Atau jika tidak sempat, pilihan terbaik lainnya, adalah dengan menyewa jasa wedding organizer (WO). Karena sebagai orang yang berkecimpung di industri pernikahan, dapat dipastikan pihak WO juga sudah barang tentu memiliki banyak pengalaman dengan beragam perusahaan catering dan dapat ikut merekomendasikan catering pernikahan yang paling sesuai untuk pesta pernikahan anda.

Selain itu, Anda juga dapat mencari berbagai informasi dan rekomendasi catering dari keluarga dan teman-teman anda, terutama mereka yang baru saja menikah atau menghadiri acara pernikahan. Karena bila mereka merasa cukup puas dengan rasa makanan dari perusahaan catering tertentu di sebuah pesta yang mereka helat atau hadiri, perusahaan catering tersebut dapat turut anda perhitungkan. Disamping itu, Anda juga dapat mencari informasi dari beberapa karyawan gedung pernikahan yang Anda pilih. Karena biasanya sadar ataupun tidak, merekapun lebih mengetahui mana jasa catering pernikahan yang betul-betul berdedikasi dan mana yang tidak, baik itu dari segi pelayanan dan kebersihan maupun ketepatan waktu serta jumlah hidangan makanan yang sudah disepakati diawal.

Persempit pilihan Anda

Setelah melakukan sedikit survey kecil-kecilan, Anda sebaiknya mempersempit pilihan hingga 5 – 6 nama catering pernikahan yang dirasa paling memenuhi syarat dan kriteria yang telah anda tetapkan.

Cara terbaik untuk melakukan hal ini adalah dengan menghubungi langsung perusahaan catering tersebut, untuk menanyakan biaya dan kecocokan waktu dengan tanggal pernikahan Anda.

Dari segi biaya yang disajikan, Anda dapat menyesuaikannya dengan budget yang ada dan memangkas nama-nama catering pernikahan yang dianggap terlalu mahal.

Dengan cara ini, Anda dapat menyisakan sekitar 2-3 nama perusahaan catering yang benar-benar anda rasa cocok.

Waktunya bergerak

Sekarang waktunya Anda untuk bergerak. Buatlah janji pertemuan dengan catering pernikahan yang menjadi kandidat terkuat sementara sehingga Anda dapat menanyakan berbagai hal dengan mendetail, seperti:

  • Dapatkah pihak catering menyajikan sampel dari menu pernikahan yang dipilih untuk dicicipi terlebih dahulu?
  • Apakah catering pernikahan tersebut memiliki keahlian pada jenis makanan tertentu?
  • Berapa rata-rata harga dari masing-masing jenis makanan tersebut?
  • Bagaimana cara menghitung biayanya, apakah berupa paket yang dihitung per orang?
  • Apakah pihak catering dapat mengatur dan membuat kombinasi menu makanan tertentu sesuai budget yang tersedia?
  • Apakah catering tersebut dapat menyediakan makanan khusus bagi orang-orang dengan kebutuhan tertentu, seperti vegetarian?
  • Apakah pada hari yang sama pihak catering melayani lebih dari satu pesta pernikahan atau hanya pernikahan Anda?
  • Berapa lama waktu yang diperlukan pihak catering untuk mempersiapkan peralatannya di gedung pernikahan pilihan Anda? (Ada baiknya jika pihak catering juga berkoordinasi langsung dengan pihak gedung pernikahan).
  • Bagaimana cara pengaturan makanan (jika dalam model buffet) agar tidak terjadi penumpukan antrian tamu pada meja tertentu?

Setelah Anda melakukan langkah-langkah tersebut, umumnya Anda akan mampu memilih catering pernikahan mana yang sekiranya paling cocok untuk melayani anda dan para tamu undangan di hari pernikahan Anda. 🙂

Oiya, jangan lupa untuk menunjuk seseorang yang anda percayai sebagai pengawas catering dan makanan, karena sebagai mempelai, tentu anda tidak akan sempat mengurusi masalah makanan ketika resepsi pernikahan anda sedang berlangsung.

Leave a reply:

Your email address will not be published.