Tips Mengajak Anak Liburan

Tips Mengajak Anak Liburan
Tips Mengajak Anak Liburan

Photo: pixabay.com

Mengajak anak jalan-jalan ke tempat wisata adalah salah satu cara terbaik untuk melampiaskan kasih sayang, membantu tumbuh kembangnnya baik secara psikis maupun fisik, dan untuk melepaskan stres bagi orangtuanya juga tentunya.

Namun mengajak anak liburan tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar liburan bersama anak bisa terasa lebih bermanfaat baik untuk sang anak atau orangtuanya sendiri. Untuk itu, ada beberapa tips yang bisa dilakukan oleh orangtua saat akan mengajak anak untuk liburan, yaitu:

Pilih Tempat Wisata yang Menyenangkan, Ramah Anak, dan Edukatif

Tempat Wisata Edukasi - Taman Pintar, Jogjakarta
Tempat Wisata Edukasi – Taman Pintar, Jogjakarta

Photo: eksotisjogja.com

Ajaklah anak Anda untuk mengunjungi tempat wisata yang tidak hanya menampilkan pemandangan menarik, tapi memiliki unsur yang membuat anak bisa mengembangkan diri, baik secara psikis maupun fisik. Tempat wisata seperti ini antara lain taman, kebun binatang, wahana bermain, serta museum. Dengan mengunjungi tempat wisata seperti ini, anak bisa bermain, bergerak, dan belajar sekaligus.

Tempat wisata seperti ini sangat mudah ditemukan di berbagai daerah, seperti Yogyakarta, Bandung, Bali, dan beragam kota besar lain di Indonesia. Selanjutnya, Anda tinggal menentukan daerah mana yang paling sesuai dengan ketersediaan waktu dan biaya.

Pilihlah Penginapan yang Nyaman

Penginapan Dengan Arena Bermain Anak
Penginapan Dengan Arena Bermain Anak

Photo: pegipegi.com

Carilah penginapan senyaman mungkin dengan letak yang tidak terlalu jauh dari tempat wisata. Selain itu, carilah penginapan yang memiliki fasilitas khusus untuk anak meskipun harganya sedikit lebih mahal daripada penginapan yang lebih sederhana. Selama itu untuk keperluan anak, tak masalah jika Anda harus merogoh kocek yang lebih dalam. Karena di tempat yang nyaman, anak bisa merasa lebih betah dan tidur lebih nyenyak sehingga ia bisa merasakan waktu istirahat secara lebih berkualitas.

Anda dapat menemukan cukup banyak penginapan seperti ini di daerah-daerah wisata seperti Yogyakarta. Anda bisa dengan mudah mencari daftar hotel di Jogja yang baik untuk anak. Untuk mendapatkan hotel daerah Jogja yang ramah untuk anak dengan penawaran harga terbaik, Anda bisa kunjungi situs reservasi.com.

Buat Daftar Perlengkapan yang Harus Dibawa

Membuat Daftar Perlengkapan Untuk Berlibur
Membuat Daftar Perlengkapan Untuk Berlibur

Photo: kompas.com

Pelengkapan yang harus dibawa saat mengajak anak traveling jumlahnya cukup banyak, terutama jika anak tersebut masih berusia balita. Untuk itu, Anda harus membuat daftar perlengkapan apa saja yang harus dibawa saat liburan agar tidak ada yang tertinggal sedikitpun. Karena jika sampai ada yang tertinggal, tentu itu akan sangat merepotkan Anda, karena membeli perlengkapan anak di tempat wisata akan menjadi pekerjaan yang sedikit lebih sulit dari biasanya. Terutama perlengkapan yang berhubungan dengan makanan dan obat-obatan untuk anak.

Lengkapilah daftar perlengkapan yang harus dibawa dengan memasukan pula cemilan dan mainan anak agar anak tidak kelaparan atau merasa bosan saat berada dalam perjalanan menuju tempat wisata.

Selain itu, jangan lupa untuk membawa peralatan makan dan minum dari rumah, karena selain dapat lebih menghemat biaya, faktor kebersihannya pun tentu akan jauh lebih terjamin.

Selalu Jaga Pola Makan

Jaga Pola Makan Anak
Jaga Pola Makan Anak

Photo: fourlook.com

Tidak semua makanan yang dijual di tempat wisata baik untuk anak Anda. Untuk itu, Anda dituntut untuk sedikit lebih selektif saat memilih makanan untuk anak ketika sedang liburan. Perhatikan juga waktu yang tepat untuk memberikan makan kepada anak. Jangan sampai Anda terlalu larut dalam suasana liburan sehingga membuat anak telat makan.

Jangan Lepaskan Pandangan Mata Anda dari Anak

Mengawasi Anak Ketika Bermain
Mengawasi Anak Ketika Bermain

Photo: vemale.com

Saat sedang liburan di tempat wisata, khususnya di tempat-tempat dengan pengunjung yang amat sangat ramai, anak-anak diperbolehkan untuk bermain secara lebih leluasa. Namun, Anda harus tetap mengawasi mereka dari dekat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Sudah banyak kejadian buruk yang menimpa anak seperti tersesat, terjatuh ke kandang binatang buas, dan sebagainya akibat kelengahan sesaat orangtua saat mengajak anak liburan di tempat wisata.

Bawa Pakaian Lebih Banyak

Mengemas Pakaian
Mengemas Pakaian

Photo: womantalk.com

Saat liburan, pakaian anak lebih mudah kotor dibanding dengan orang dewasa. Bisa karena basah, terkena tumpahan makanan, atau terkena kotoran lain yang ada di tempat wisata. Karena, anak-anak akan lebih fokus bermain tanpa terlalu memperdulikan kebersihan pakaiannya. Untuk itu, orangtua harus ikut mewaspadai hal sepele ini dengan membawa persediaan pakaian anak yang lebih banyak. Sebab, pakaian yang dibiarkan kotor atau basah amat berpotensi mengundang berbagai jenis penyakit untuk anak.

Perhatikan Cuaca

Cuaca Saat Berlibur
Cuaca Saat Berlibur

Photo: fimela.com

Anda juga harus lebih memperhatikan kondisi cuaca pada saat liburan. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan pakaian apa yang paling cocok digunakan untuk anak agar mereka merasa lebih  nyaman dan tidak mudah sakit.

Ajak Anak Untuk Packing

Ajak Anak Untuk Packing
Ajak Anak Untuk Packing

Photo: WOTV4women.com

Jika anak yang Anda ajak berlibur sudah berusia lebih dari 5 tahun, Anda bisa mengajak mereka untuk membantu Anda mengemas barang bawaan. Dengan begitu, anak bisa belajar lebih disiplin. Namun pastikan Anda selalu mendampingi dan membimbing mereka serta mengajarkan mereka bagaimana cara mengemas barang yang benar dan membatasi barang-barang apa saja yang tidak perlu dibawa. Setelah itu, jangan lupa untuk mengapresiasi kerja keras sang anak dalam mengemas barang dan mengecek kembali perlengkapan yang sudah dikemas agar tidak ada yang tertinggal.

1 comments On Tips Mengajak Anak Liburan

Leave a reply:

Your email address will not be published.