Inilah, 10 Manfaat Utama Sarapan Sehat Di Pagi Hari Bagi Kesehatan Tubuh Kita

10 Manfaat Utama Sarapan Sehat di Pagi Hari
10 Manfaat Utama Sarapan Sehat di Pagi Hari

Sarapan sehat di pagi hari merupakan salah satu kebiasaan baik yang harus terus menerus kita pelihara, untuk mengoptimalkan kinerja organ tubuh kita secara keseluruhan. Mengapa demikian? karena setelah tidur nyenyak selama 8 hingga 10 jam di malam hari, kandungan glukosa dan glikogen yang tersisa didalam tubuh kita akan terus menurun sampai ketingkat yang paling rendah. Itulah mengapa, orang-orang yang jarang sekali menyantap sarapan sehat di pagi hari, akan merasa jauh lebih cepat lelah dan sulit berkonsentrasi ketimbang mereka yang secara teratur menyantap sarapan pagi sebelum memulai aktivitasnya. Salah satu alasannya, adalah karena otak kita membutuhkan asupan glukosa yang cukup sebagai bahan bakar utama agar dapat bekerja secara lebih maksimal dalam 1 hari penuh.

Tak heran jika kemudian, banyak ahli gizi dan kesehatan yang menganjurkan kita untuk tidak melewatkan jadwal sarapan pagi begitu saja, sebelum kembali memulai rutinitas keseharian kita dihari yang baru.

Beberapa manfaat utama menyantap sarapan sehat di pagi hari, sebelum memulai aktivitas adalah:

1. Menambah Stamina dan Energi Yang Dibutuhkan Tubuh

Sama hal-nya seperti sebuah kendaraan yang membutuhkan bahan bakar agar dapat digunakan dengan baik, tubuh kitapun membutuhkan sumber energi yang cukup supaya dapat menjalankan aktivitasnya dengan baik. Terutama, karena kadar gula darah dalam tubuh kita ada di ambang yang cukup rendah pada pagi hari.

Beruntungnya, energi tersebut dapat dengan mudah kita penuhi melalui kebiasaan sarapan sehat di pagi hari. Karena asupan nutrisi yang tepat pada pagi hari akan secara otomatis menghasilkan sumber energi yang kita butuhkan untuk menjalani rutinitas selama seharian penuh.

2. Menambah Daya Ingat dan Konsentrasi

Sebuah riset ilmiah membuktikan, bahwa sistem metabolisme yang terganggu akibat tidak sarapan pagi akan turut serta mengganggu kinerja otak, daya ingat, serta fokus dan konsentrasi kita ketika beraktivitas. Bahkan sebuah penelitian lain turut mengukuhkan riset tersebut dengan menyatakan, bahwa para murid yang terbiasa menyantap sarapan pagi sebelum berangkat ke sekolah, memiliki nilai yang jauh lebih tinggi dalam hal mengingat dan menghafal pelajaran.

Hal ini disebabkan, karena otak kita membutuhkan glukosa sebagai bahan bakar utama yang membuatnya mampu mengingat, fokus dan berkonsentrasi selama seharian penuh. Dan glukosa tersebut hanya bisa kita dapatkan melalui makanan dan minuman yang mengandung karbohidrat kompleks seperti Nasi, Roti, Sereal dan lain sebagainya.

3. Membantu Menyeimbangkan Bobot Tubuh (Berat Badan)

Orang-orang yang sering mengabaikan sarapan pagi, biasanya akan balas dendam dengan menyantap porsi makanan yang jauh lebih banyak pada siang hari, bahkan beberapa jam setelah menyantap makan siang, sebagian dari mereka biasanya masih akan mencari snack dan cemilan karena sudah kembali merasa lapar sebelum jam makan malam tiba.

Mengapa demikian? karena tanpa menyantap sarapan pagi, kandungan serat yang biasa menstimulasi tubuh kita untuk merasa kenyang tidak terpenuhi. Akibatnya, berat badan kita akan mulai naik secara perlahan, karena makanan tanpa serat yang kita konsumsi di siang hari akan jauh lebih cepat dicerna oleh tubuh kita dan memicu timbulnya rasa lapar dan keinginan untuk ngemil kembali.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Tahukah anda, bahwa mengabaikan sarapan pagi ternyata dapat memicu naiknya kadar kolesterol jahat (LDL) pada tubuh kita, terutama bagi para kaum hawa? Yap, sebuah studi ilmiah membuktikan hal tersebut dengan mengambil sample darah para wanita yang biasa menyantap sarapan pagi serta para wanita yang tidak terbiasa menyantap sarapan pagi, selama lebih kurang 2 minggu. Dan hasilnya, mereka yang terbiasa menyantap sarapan pagi justru mengalami penurunan kadar kolesterol jahat (LDL) dan sebaliknya, mereka yang biasa mengabaikan sarapan pagi, justru mengalami peningkatan kadar kolesterol jahat (LDL).

Mengapa demikian? karena dengan menyantap sarapan sehat di pagi hari, tubuh kita secara otomatis akan melakukan proses metabolisme, sehingga produksi enzim yang memicu peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh akan ikut berkurang.

5. Membantu Menyehatkan Jantung

Mereka yang terbiasa mengkonsumsi sarapan pagi, biasanya memiliki kadar kolesterol jahat yang cukup rendah dalam tubuhnya, sehingga kandungan insulin didalam darahnya pun biasanya akan jauh lebih stabil. Dan dengan kadar insulin serta kolesterol yang stabil, tentu organ jantung kita pun akan jauh lebih sehat

6. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Menurut sebuah penelitian ilmiah, menyantap sarapan pagi dengan gizi yang seimbang akan turut meningkatkan sistem imunitas tubuh kita. Itu mengapa, mereka yang terbiasa menyantap sarapan pagi akan jauh lebih jarang terkena penyakit flu ketika perubahan musim mulai datang.

7.  Menghindarkan Anda Dari Gangguan Pencernaan (Penyakit Lambung)

Sudah bukan rahasia umum lagi, kalau lambung yang dibiarkan kosong dalam waktu yang relatif lama akan memicu terjadinya asam lambung yang dapat mengakibatkan rasa sebah dan perih pada lambung, yang berujung pada kambuhnya penyakit maag. Dan sebaliknya, membiasakan diri menyantap sarapan pagi, akan sangat baik bagi lambung, karena setelah semalaman beristirahat, lambung akan kembali terisi dengan makanan yang secara langsung akan turut menetralisir munculnya asam lambung.

8. Menjaga Mood Tetap Baik dan Menghindarkan Anda dari Resiko Stress

Bayangkan, jika dalam keadaan perut kosong nan keroncongan, anda harus berangkat ke kantor dengan kondisi cuaca yang cukup buruk, dan setibanya di kantor anda langsung di hadapkan dengan beragam deadline pekerjaan yang menuntut anda untuk menyelesaikannya dengan lebih cepat.

Apa kira-kira reaksi anda?

Dan berandai-andailah jika sebelum berangkat, anda sempat menyantap sarapan pagi terlebih dahulu, apa kira-kira yang akan berbeda? sekalipun situasi dan kondisi yang anda hadapi akan tetap sama

Yap, cara anda melihat dan bersikap pasti akan cukup jauh berbeda.

9.  Mengurangi Resiko Gangguan Koordinasi Tubuh

Sarapan pagi dengan teratur juga diyakini dapat meningkatkan sistem koordinasi tubuh kita menjadi lebih baik dan seimbang. Bahkan bagi para penderita stroke, sarapan pagi dipercaya dapat memperbaiki koordinasi dan keseimbangan tubuh yang terganggu pasca trauma yang terjadi pada syaraf pusat.

10. Menambah Nutrisi Yang Dibutuhkan Tubuh

Tahukah anda, kalau orang-orang terbiasa mengkonsumsi sarapan pagi secara teratur biasanya akan memiliki pola makan yang juga jauh lebih sehat dan teratur dari pada mereka yang sering mengabaikannya?

Mengapa demikian? karena kebutuhan nutrisi dan vitamin harian dalam tubuh anda akan turut terpenuhi ketika anda menyantap sarapan pagi.

Cukup banyak bukan manfaat yang akan berlalu begitu saja jika anda terus mengabaikan pentingnya sarapan sehat pada pagi hari?

Itulah mengapa Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, sampai turut merasa perlu melakukan penyuluhan dan memberikan beberapa contoh resep menu sarapan pagi yang sehat untuk dikonsumsi oleh anak usia sekolah 6-12 tahun kepada orang tua mereka. Agar sedari kecil, anak-anak tersebut mulai merasa terbiasa menyantap sarapan pagi sebelum beraktivitas.

Nasi Goreng Blueband - Resep Menu Sarapan Pagi Yang Sehat Untuk Di Konsumsi
Nasi Goreng Blueband – Resep Menu Sarapan Pagi Yang Sehat Untuk Di Konsumsi

Dan, beberapa contoh resep menu sarapan pagi yang sehat untuk anda konsumsi bersama keluarga anda, antara lain:

1. Nasi Goreng sayur + Telur Dadar, yang dapat anda kombinasikan dengan Blueband, sebagai bahan baku lain pengganti minyak goreng yang biasa anda gunakan.
2.  Bubur Ayam + Buah-buahan berserat seperti pisang
3. Bubur Sayur Oatmeal
4. Sandwich atau setangkap Roti yang bisa anda panggang bersama Telur dan Sayuran, seperti selada dan tomat, yang dapat dinikmati dengan segelas susu segar.
5. Telur dan Tahu orak arik, yang bisa anda masak menggunakan Blueband

Dan masih banyak lagi, beragam variasi resep menu sarapan pagi yang sehat untuk anda konsumsi bersama keluarga anda dirumah.

Nah, jika sehat itu semudah menyantap sarapan pagi, cobalah untuk melakukannya mulai dari saat ini 🙂

Leave a reply:

Your email address will not be published.