Memerangi Alergi Anak Sejak Dini: 3 Langkah Sederhana Yang Dianjurkan

Memerangi Alergi Anak

Entah harus menyalahkan siapa. Sampai saat ini, Indonesia memang masih belum memiliki data lengkap perihal epidemiologi penyakit pada anak skala nasional.

International Study of Asthma and Allergies in Childhood menyebutkan, Indonesia mengalami peningkatan prevalensi alergi anak yang sangat pesat dibanding negara Asia lainnya.

Prof. DR. Dr. Budi Setiabudiawan, SpA(K), M.Kes, yang menjabat sebagai Ketua Unit Kerja Koordinasi Alergi Imunologi Ikatan Dokter Anak Indonesia menyebutkan pentingnya sosialisasi perihal jenis alergi anak yang biasanya muncul, usia umum dan jumlah penderitanya.

Kabar baiknya adalah, berkat World Allergy Organization (WAO), akhirnya tercetuslah sebuah program tahunan yang dinamakan World Allergy Week dengan kampanye “Semua Berawal Dari Ingin Tahu.”

Tujuan kampanye ini sederhana, namun sangat baik. Terdiri dari tiga langkah sederhana, “Tahu – Cegah & Atasi – Sebar.”

Alergi Anak

  1. Tahu

Langkah pertama yang juga merupakan langkah yang paling penting adalah mengenali dan mengetahui gejala alergi anak. Hal ini bisa dilakukan dengan beberapa cara. Yang paling mudah dan realistis adalah langsung menuju Puskesmas. Mengapa demikian? karena sekalipun gejala yang dialami oleh anak anda hanya terlihat seperti gejala penyakit yang biasa terjadi pada anak, merupakan hal yang amat penting untuk tahu terlebih dahulu apakah penyakit tersebut merupakan gejala alergi anak, atau betul-betul hanya merupakan gejala penyakit biasa.

  1. Cegah & Atasi 

Edukasi dan pemahaman dini adalah kunci.

Menurut DR. Dr. Zakiudin Munasir, SpA(K), yang merupakan pakar dalam bidang ini sekaligus Ketua Divisi Alergi Imunologi Departemen Ilmu Kesehatan Anak, FKUI – RSCM, CEGAH terdiri dari 5 kunci utama:

  • Asi eksklusif selama 6 – 12 bulan
  • Menghindari paparan rokok dan zat adiktif lainnya
  • Hindari makanan-makanan yang merupakan faktor penyebab alergi seperti: telur, ikan,  kacang-kacangan dan susu sapi
  • Mengkonsumsi makanan  padat diatas 6 bulan
  • Memberi susu formula berprotein
  1. Sebar

Aktif bersosialisasi, menyebarluaskan informasi dan cepat tanggap adalah tindakan yang sangat membantu dalam mencegah dan mengatasi alergi anak.

Berperang melawan alergi anak memang tidak mudah. Tapi, bukan berarti tidak bisa. Semoga tiga langkah sederhana diatas dapat membantu anda dan keluarga untuk menjaga buah hati agar tetap sehat dan ceria.

Leave a reply:

Your email address will not be published.