Inilah, 3 Tempat Wisata Yang Wajib Kalian Kunjungi Jika Ke Solo

Inilah, 3 Tempat Wisata Yang Wajib Kalian Kunjungi Jika Ke Solo

Solo atau Surakarta telah lama dikenal sebagai kota yang sarat akan kebudayaan, khususnya kebudayaan Jawa. Dengan ikon budayanya, Kota Solo selalu menjadi destinasi wisata favorit baik bagi turis lokal maupun bagi turis mancanegara. Di kota bengawan ini, kalian dapat menikmati beragam jenis pilihan wisata, mulai dari wisata budayanya yang mendunia, hingga wisata panorama alamnya yang memukau. Bahkan di kota budaya yang satu ini, kalian pun dapat menikmati wisata belanja dan kuliner yang cukup menggoda disepanjang sudut kota.

Nah, bagi kalian yang udah nggak sabar. Berikut 3 tempat wisata yang wajib kalian kunjungi jika ke Solo.

1. Pasar Klewer

Pasar Klewer, Solo
Pasar Klewer, Solo

Pasar Klewer merupakan pasar batik terbesar di Indonesia. Pasar Klewer terletak di Alun-Alun Utara kompleks Keraton Kasunanan Surakarta. Sebagai pasar batik terbesar, hampir semua jenis batik bisa kalian temukan di sini, mulai dari yang murah hingga jutaan rupiah. Sebagian pelancong dari luar kota Solo berkunjung ke pasar ini untuk berbelanja batik dan tekstil. Tidak afdol rasanya jika ke Solo tanpa membeli oleh-oleh batik dari Pasar Klewer.

2. Kompleks Keraton Surakarta Hadiningrat

Kompleks Keraton Surakarta Hadiningrat, Solo
Kompleks Keraton Surakarta Hadiningrat, Solo

Inilah pusat budaya jawa kota Solo. Keraton Kasunanan Surakarta adalah bukti masih berdirinya Kasunanan Surakarta yang dipimpin oleh Paku Buwono. Keraton Solo dengan budaya khasnya menawarkan beragam peninggalan benda-benda kerajaan yang tersimpan apik dalam museum keraton. Saat berada di keraton, pengunjung dilarang mengenakan sandal jepit, kaca mata hitam, dan pakaian tak berlengan. Kompleks keraton dibuka untuk umum setiap senin-kamis jam 09.00 – 14.00 WIB dan sabtu-minggu jam 09.00 – 15.00 WIB. Harga tiket masuk yang dipatok untuk Bangsal Pagelaran adalah sebesar Rp 2.500, museum Rp 8.000 serta Ijin penggunaan kamera atau video Rp 3.500.

3. Air Terjun Tawangmangu

Air Terjun Tawangmangu, Solo
Air Terjun Tawangmangu, Solo

Air terjun Tawangmangu berada sedikit di luar kota Solo, tepatnya di kaki Gunung Lawu di Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar. Tawangmangu menawarkan suasana khas pegunungan bersama deretan pertaniannya. Masuk di areal wisata, pengunjung dapat menikmati air terjun “grojogan sewu” Tawangmangu yang terkenal. Selain air terjun terdapat fasilitas lain seperti areal outbond, flying fox, hingga arung jeram kecil. Oiya, di areal wisata yang satu ini kalian juga dapat menjumpai kebun buah dan sayur seperti: strawberry, wortel, lobak, serta sawi. Untuk masuk ke daerah wisata pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 18.000 untuk umum dan Rp 9.000 untuk pelajar.

Selain 3 tujuan wisata solo di atas juga masih terdapat tempat wisata di solo yang tak kalah menariknya, antara lain :

  1. Taman Jurug (Taman Satwa Taru Jurug)
  2. Pura Mangkunegaran
  3. Museum Radya Pustaka
  4. Taman Balekambang
  5. Pasar Gede
  6. Benteng Vastenburg
  7. Taman Sriwedari (THR)
  8. Pasar Windujenar
  9. Solo City Walk
  10. Gladhag Langen Bogan
  11. House of Danar Hadi (Museum Batik Danar Hadi)
  12. Pusat Grosir Solo [PGS]
  13. Beteng Trade Center [BTC]

Cukup beragam bukan tempat wisata yang dapat kalian nikmati di Solo. Mulai dari wisata budaya, wisata belanja, hingga wisata alam pegunungan. Nah, bagi kalian yang tertarik untuk datang ke Kota Solo tak ada salahnya jika suatu waktu kalian berkunjung berbagai tempat wisata yang sudah disebutkan di atas.

 

Leave a reply:

Your email address will not be published.