6 Tips Sederhana Untuk Memahami Psikologi Anak Anda

6 Tips Sederhana Untuk Memahami Psikologi Anak Anda

Saat Anda memiliki anak, maka hal yang harus Anda lakukan adalah membangun keakraban dan kedekatan dengan anak-anak anda. Untuk membangun keakraban tersebut, terlebih dahulu Anda perlu memahami tentang psikologi mereka. Berusaha untuk mengerti kondisi anak seusianya dan apa yang menjadi kebutuhannya, menjadi hal penting yang harus Anda lakukan.

Berikut beberapa tips sederhana untuk memahami psikologi anak Anda.

1. Mengamati keseharian anak

Mengamati keseharian anak
Mengamati keseharian anak

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk memahami psikologi anak Anda adalah dengan mengamati keseharian mereka. Perhatikan cara anak bermain, menggambar, makan, tidur, berbicara, dan lain sebagainya. Dari sana, Anda akan menemukan banyak watak yang konsisten dijalani anak secara alamiah.

2. Meluangkan waktu untuk anak

Meluangkan waktu untuk anak
Meluangkan waktu untuk anak

Tips berikutnya untuk memahami psikologi anak Anda adalah dengan meluangkan waktu untuk anak. Jika Anda termasuk orang tua yang cukup sibuk, jangan lupa untuk tetap meluangkan waktu Anda untuk memperhatikan tumbuh kembangnya. Setidaknya, berikan waktu beberapa menit sebelum mereka tidur, ketika sarapan pagi, atau meluangkan waktu sesekali untuk menelepon anak Anda, saat ada waktu luang di kantor. Dengan begitu, kedekatan Anda dengan si kecil akan mulai terjalin. Selain itu, anak juga akan merasa lebih nyaman dan aman saat bersama-sama dengan Anda, bahkan mereka akan lebih terbuka untuk menceritakan hal-hal yang mereka alami atau mereka dengar dari sekitarnya.

3. Dengarkan pendapat anak Anda

Dengarkan pendapat anak Anda
Dengarkan pendapat anak Anda

Dengarkan apa yang menjadi keluhan anak Anda. Kebanyakan dari anak mengharapkan orang tuanya mendengarkan dan menanggapi pendapat dan keluhan mereka dengan serius. Bila apa yang disampaikan anak tidak sesuai pendapat Anda atau mungkin tidak baik, maka jangan langsung menyalahkannya. Berikan pengertian dan tetap tunjukkan kepada mereka bahwa Anda menghargai mereka dan menyayangi mereka. Selain itu, untuk memahami psikologi anak – Anda dapat menanyakan hal-hal kecil pada mereka, semisal hal apa saja yang mereka alami saat di sekolah, bagaimana hubungan mereka dengan teman-teman mereka, dan lain sebagainya. Intinya, jangan pernah gunakan nada keras atau tinggi pada anak Anda, karena hal tersebut hanya akan membuat anak merasa takut untuk bercerita pada Anda dan akhirnya semakin jauh dari Anda.

4. Berusaha menepati janji pada anak

Berusaha menepati janji pada anak
Berusaha menepati janji pada anak

Jika Anda ingin mengajarkan sikap pada anak untuk tidak ingkar janji, maka Anda pun harus memulainya dari diri Anda sendiri. Berusahalah untuk selalu menepati janji Anda kepada si kecil. Sebab hal ini akan mendorong anak untuk bersikap jujur.

5. Berikan ruang pada anak Anda

Berikan ruang pada anak Anda
Berikan ruang pada anak Anda

Tips memahami psikologi anak yang selanjutnya adalah dengan memberikan ruang khusus bagi anak untuk menikmati aktivitas yang disukainya. Anda perlu tetap berada di sekitarnya saat anak melakukan aktivitas tersebut, supaya Anda tetap dapat memantau dan membimbingnya. Namun jangan terlalu menekannya untuk selalu menjadi seperti kemauan Anda.

6. Biarkan anak Anda menjadi anak-anak seusianya

Biarkan anak Anda menjadi anak-anak seusianya
Biarkan anak Anda menjadi anak-anak seusianya

Cara memahami psikologi anak yang terakhir adalah dengan membiarkan anak tersebut menjadi diri mereka sendiri, yakni seperti anak-anak seusianya. Saat anak Anda melakukan kesalahan, biarkan mereka belajar dari kesalahan tersebut. Jangan terlalu membebani anak Anda dengan berbagai harapan berlebih yang tidak sesuai dengan usianya.

Nah, itu dia 6 tips sederhana untuk memahami psikologi anak, yang dapat mulai Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari Anda bersama sang buah hati 😀

Leave a reply:

Your email address will not be published.