12 Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Mengkudu,Noni,Pace

Sekilas, buah ini memang tak terlihat menarik atau tampak segar untuk dimakan. Bahkan dari segi rasa, buah mengkudu terbilang cukup pahit. Begitupula dengan aromanya yang agak berbau busuk. Namun demikian, buah mengkudu yang kerap disebut buah noni atau buah pace ini ternyata memiliki beragam manfaat kesehatan yang menarik untuk dibahas.

Manfaat Buah Mengkudu

Tanaman yang bernama latin Morinda citrifolia ini, merupakan tanaman tropis yang banyak dijumpai di Asia tenggara, Australia hingga India. Dan karena khasiatnya yang cukup beragam, ekstrak mengkudu kini sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan suplemen atau obat herbal. Lantas apa saja sebetulnya manfaat dari buah mengkudu?

1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Di Indonesia, buah mengkudu identik dengan obat darah tinggi. Banyak orang yang langsung meminum air rebusan mengkudu saat tensi atau tekanan darahnya cukup tinggi. Hal ini karena adanya kandungan scolopetin yang dipercaya mampu mengatur tekanan darah.

2. Menurunkan kadar gula darah

Mengkonsumsi mengkudu dipercaya mampu meningkatkan efektivitas hormon insulin dalam mengontrol kadar gula darah. Hal ini mengacu pada studi yang dilakukan oleh Element-based Complementary and Alternative Medicine. Dimana para penderita diabetes tipe 2, berangsur membaik setelah diberikan jus buah mengkudu.

3. Mengurangi rasa sakit

Sifat analgesik yang terkandung didalam buah mengkudu diyakini mampu meringankan rasa nyeri atau sakit akibat peradangan yang terjadi didalam tubuh kita. Misalnya, pada penderita osteoarthritis.

4. Mencegah asam urat

Rutin mengkonsumsi buah mengkudu juga akan menghindarkanmu dari resiko asam urat. Hal ini karena buah mengkudu terbukti mampu mengurangi konsentrasi asam urat dalam darah.

5. Mengontrol kadar kolesterol

Antioksidan dan antiradang yang cukup tinggi pada buah ini, juga dipercaya mampu menurunkan kadar LDL alias kolesterol jahat didalam tubuh. Yang seringkali menjadi penyebab berbagai gangguan kesehatan lain, seperti; stroke dan penyakit jantung.

6. Melancarkan pencernaan

Bagi kamu yang sering sulit untuk BAB (Buang Air Besar), cobalah sesekali mengkonsumsi buah mengkudu. Beragam nutrisi penting seperti protein, vitamin A, zat besi hingga kalsium yang ada didalam buah mengkudu diyakini cukup baik bagi pencernaan kita.

7. Menjaga kesehatan otak

Kandungan antioksidan yang melimpah dalam buah mengkudu, diyakini mampu menghindarkanmu dari stress oksidatif yang dapat merusak sel-sel otak. Mengkonsumsi mengkudu juga dapat membantu tubuh mengendalikan produksi hormon serotonin. Yakni hormon yang erat kaitannya dengan emosi seseorang. Itu artinya, dengan rutin mengkonsumsi buah mengkudu secara tidak langsung kamu turut menjaga sel otak dan mencegahnya dari kerusakan.

8. Mencegah kanker

Lagi-lagi, antioksidan didalam buah mengkudu juga dipercaya mampu menghambat perkembangan sel kanker. Serta merangsang sistem imun tubuh untuk melawan tumor.

9. Meningkatkan kinerja fisik & stamina tubuh

Mengkudu juga dipercaya mampu meningkatkan kinerja fisik serta kesehatan tulang dan sendi. Khususnya bagi orang-orang yang sering melakukan aktivitas fisik atau olahraga berat, seperti angkat beban. Hal ini mengacu pada jurnal The Potential Health Benefits of Noni Juice yang dirilis oleh NCBI. Tak hanya itu, buah bertotol inipun diyakini mampu meningkatkan stamina seseorang saat tengah beraktivitas maupun berolahraga.

10. Meningkatkan sistem imun

Mengkudu juga tergolong buah yang kaya akan vitamin C. Salah satu vitamin yang paling dibutuhkan untuk memperkuat daya tahan tubuh, menangkal radikal bebas, melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan, serta melawan patogen penyebab penyakit seperti virus dan bakteri.

11. Melembapkan kulit

Ekstrak mengkudu juga kerap dimanfaatkan sebagai bahan baku produk kecantikan. Hal ini karena kandungan antioksidannya yang mampu melembapkan kulit serta mengatasi masalah kulit kering.

12. Menstabilkan berat badan

Sebuah penelitian lain bahkan mengkonfirmasi khasiat mengkudu untuk menjaga berat badan agar tetap ideal. Hal ini karena kemampuan mengkudu untuk meningkatkan metabolisme tubuh serta mengontrol lemak dan kolesterol.

Nah, itulah 12 manfaat buah mengkudu bagi kesehatan. Mengkudu juga dipercaya amat baik untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang sering terpapar asap rokok, baik perokok aktif maupun pasif. Yakni untuk mengurangi kerusakan sel-sel tubuh yang diakibatkan oleh asap rokok.

Leave a reply:

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Site Footer