5 Tips Sederhana Agar Luka Cepat Sembuh dan Kering

Posted on

5 Tips Sederhana Agar Luka Cepat Sembuh dan Kering

Cara agar luka cepat kering karena tergores atau jatuh pada kaki dan tangan sebetulnya cukup mudah untuk disembuhkan. Berbeda dengan Luka hati yang butuh waktu lebih lama untuk bisa move on dari si dia #Eaaa, #Lanjutt bekas Pada Luka fisik bisa hilang asalkan kita telaten merawatnya. Caranya adalah:

Yang pertama, perhatikan tempat terjadinya luka, karena area mana yang mengalami luka ikut berpengaruh pada lama tidaknya proses penyembuhan pada luka tersebut. Bila area luka berada di permukaan bagian tubuh yang sering bergerak, maka luka tersebut akan sembuh lebih lama, misalnya di bagian siku dan lutut. Jadi, jika terjadi luka pada bagian tersebut, cobalah untuk meminimalisir gerakan di bagian tubuh tersebut. Sterilkan daerah luka dengan rajin membersihkannya dengan menggunakan alkohol atau rivanol kemudian oleskan obat merah secara merata. Khusus untuk bagian luka yang terlihat cukup dalam, jangan hanya sekadar membubuhi obat merah tetapi beri tekanan agar obat merah tersebut bisa meresap.

Yang kedua, biarkan terbuka, Menutup areal luka hanya akan memperlama masa penyembuhan. Biarkan tetap terbuka agar luka menjadi lebih cepat kering. Karena pada luka terbuka, terdapat bakteri anaerob yang tidak tahan terhadap oksigen. Nah, salah satu cara untuk mematikan nya adalah dengan membiarkan areal luka terpapar udara.

Yang ketiga, jangan sampai luka tersebut basah. Jangan biarkan areal luka ada dalam kondisi lembab ataupun basah dalam rentang waktu yang cukup lama. Jika terkena air ataupun keringat, segera keringkan. Hal ini memang tidak akan mempengaruhi areal luka secara signifikan, hanya saja dapat memperlama waktu penyembuhan.

Yang keempat, jangan Dikelupas. Sekalipun terasa “gatal” jangan lantas mengelupas areal luka yang sudah kering. Karena selain dapat menyebabkan iritasi, hal itu dapat menyebabkan luka kembali basah — susah untuk sembuh dan bahkan membekas. Biarkan saja luka mengering dan terkelupas dengan sendirinya.

Dan yang terakhir atau yang kelima, biasanya luka yang sudah kering akan menciptakan sensasi gatal yang amat sangat. Jangan digaruk! Untuk meredam rasa gatal tersebut Anda bisa mengompresnya menggunakan air hangat ataupun menepuk-nepuknya secara perlahan. Hindari gesekan gesekan baju ataupun celana yang bisa menyebabkan luka kembali meradang. Sebaiknya, biarkan areal luka tetap terbuka dan jangan tertutup pakaian.

Nah, itulah 5 cara mudah merawat luka agar cepat kering. Untuk referensi dan tips kesehatan lain kamu bisa langsung mengunjungi laman https://www.guesehat.com/ agar tidak salah saat mengobati luka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.