8 Manfaat Buah Melon yang Penting bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Melon

Buah melon memiliki ragam kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Di antaranya adalah Vitamin A, asam folat, protein, Vitamin C, kalium, dan masih banyak lagi. Buah ini dapat dikonsumsi secara langsung, di jus, maupun diolah menjadi kudapan lain tanpa mengurangi kelezatannya. Berikut beberapa manfaat buah melon untuk kesehatan yang belum diketahui oleh banyak orang.

8 Manfaat Buah Melon bagi Kesehatan

8 Manfaat Buah Melon bagi Kesehatan

1. Meningkatkan Sistem Imunitas

Dalam setiap 100 gram sajian melon, terkandung Vitamin C sebanyak 61% atau sekitar 36,7 mg. Vitamin C berperan penting dalam meningkatkan dan menjaga sistem imunitas tubuh. Dengan sistem imun yang kuat, tubuh bisa lebih kebal dari serangan penyakit. Melon juga mengandung aneka antioksidan yang dipercaya mampu menangkal zat berbahaya bagi tubuh.

2. Menjaga Organ Pencernaan

Manfaat lain buah melon adalah menjaga organ pencernaan, karena buah yang satu ini diyakini kaya akan serat alami seperti pektin. Serat sendiri bermanfaat untuk melancarkan proses pembuangan hasil metabolisme, serta mencegah terjadinya penyakit pencernaan. Serat larut dalam melon dapat membuat perut tetap kenyang sehingga cocok untuk dikonsumsi oleh seseorang yang sedang menjalankan diet. Biasanya melon dimakan saat sore atau malam hari agar tidak mudah lapar hingga pagi tiba.

3. Baik untuk Organ Kardiovaskular

Melon mengandung adenosine, yaitu senyawa yang dapat mengencerkan darah sehingga dapat mencegah terjadinya pembekuan darah pada organ kardiovaskular. Sementara itu, kandungan Vitamin C dalam melon juga diyakini ampuh untuk mencegah pengerasan arteri. Melon juga mengandung folat yang dapat mencegah terjadinya serangan jantung.

4. Membantu Pengobatan Insomnia

Manfaat buah melon yang belum diketahui banyak orang yakni dapat membantu pengobatan insomnia. Melon diperkaya dengan senyawa alami bernama uniquecompound yang berperan penting untuk menenangkan saraf dan mengurangi kecemasan. Jika Anda menderita insomnia atau sulit tidur, senyawa ini akan membantu membuat tubuh menjadi lebih rileks sehingga lebih mudah tidur.

5. Membantu Mereduksi Stres

Ternyata melon juga bermanfaat untuk mereduksi stres. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh para pakar, melon didapati kaya akan superoksida dismutase yang berfungsi untuk menenangkan saraf dan membantu menurunkan tekanan darah yang naik dikala stres. Melon juga mengandung kalium yang mampu menstabilkan detak jantung serta meningkatkan laju oksigen menuju otak.

6. Mencegah Terjadinya Penuaan pada Kulit

Manfaat buah melon yang tak kalah penting ialah mencegah terjadinya penuaan pada kulit. Dalam setiap sajian 100 gram melon, terkandung Vitamin K dan Vitamin E sebesar 0,05 mg dan 2,5 mg yang turut menjaga kesehatan kulit. Melon juga mengandung Vitamin C hingga 61% yang dapat mempercepat regenerasi kulit dan membentuk kolagen agar senantiasa tampak muda.

7. Meredakan Sakit Gigi

Melon juga dapat membantu meredakan sakit gigi. Namun bukan dengan buahnya, melainkan dengan kulitnya. Anda bisa mengolah sekitar 6 gram kulit melon dengan cara merebusnya hingga mendidih. Jika sudah, Anda cukup mendiamkannya terlebih dahulu hingga dirasa sudah cukup dingin. Kemudian jadikan air rebusan kulit melon ini sebagai obat kumur secara teratur agar dapat bekerja lebih optimal. Dengan menggunakan racikan ini, Anda bisa meredakan sakit gigi secara alami.

8. Menjaga Kesehatan Mata

Melon pun ternyata sangat kaya akan Vitamin A. Berdasarkan informasi gizi dari USDA, pada setiap 100 gram melon terdapat kandungan Vitamin A hingga 112% atau setara 3382 IU. Vitamin A bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, sehingga dengan konsumsi melon Anda dapat menjaga organ penglihatan ini agar tetap sehat.

Nah, itulah manfaat buah melon bagi kesehatan tubuh yang perlu untuk Anda ketahui. Dengan mengonsumsi buah melon secara rutin, Anda bisa mendapatkan berbagai khasiat alami yang bermanfaat bagi tubuh. Bahkan berbagai penelitian juga menunjukkan bahwa buah melon amat aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes karena rendah karbohidrat dan kaya serat.

Leave a reply:

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Site Footer