Berikut, 5 Hal yang Wajib Kamu Persiapkan Sebelum Melaksanakan Mudik Lebaran di Tengah Pandemi Corona

5 Hal yang Wajib Kamu Persiapkan Sebelum Melaksanakan Mudik Lebaran di Tengah Pandemi Corona

Mudik lebaran seakan telah menjadi sebuah tradisi tahunan yang pantang untuk dilewatkan. Bahkan ditengah merebaknya pandemi corona yang telah merenggut banyak jiwa inipun, banyak pemudik yang seakan tak bergeming dengan himbauan physical distancing dan karantina mandiri yang ramai digalakkan oleh pemerintah pusat maupun daerah. Padahal, salah satu cara terbaik untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona ialah dengan melakukan karantina mandiri alias stay di tempat dimana kita berada hingga pandemi ini dapat teratasi.

Hanya masalahnya, “kebiasaan yang sudah terlanjur mendarah daging” seperti halnya mudik lebaran juga merupakan hal yang paling sulit untuk dirubah. Dan seakan telah maklum dengan hal ini, pemerintah pun akhirnya tetap memperbolehkan aktivitas mudik lebaran. Namun dengan 2 catatan. Catatan tersebut antara lain adalah:

1. Adanya pembatasan Kapasitas Penumpang

Adanya pembatasan Kapasitas Penumpang

Misalnya, untuk kendaraan pribadi yang biasanya mampu mengangkut 6 hingga 8 penumpang, diminta untuk hanya mengangkut 3-4 penumpang saja. Dan untuk transportasi umum semisal bus pariwisata yang biasanya mampu mengangkut 50 penumpang, diminta untuk mengurangi kapasitas penumpang hingga 50% atau hanya diperbolehkan untuk mengangkut 25 penumpang saja. Sementara untuk para pemudik sepeda motor, dilarang untuk membawa penumpang alias berboncengan.

2. Para pemudik wajib melakukan isolasi mandiri sesampainya di kampung halaman

Para pemudik yang berasal dari zona merah alias epicenter penyebaran corona seperti halnya DKI Jakarta. Secara otomatis akan menyandang status sebagai ODP atau Orang Dalam Pemantauan. Status inilah yang menjadikan para pemudik wajib menjalani isolasi mandiri sesampainya dikampung halaman. Atau dengan kata lain, para pemudik diminta untuk tidak meninggalkan rumah selama 14 hari terhitung sejak hari kedatangan. Dan nantinya, saat mereka berencana untuk kembali ke Ibukota atau daerah perantauan lain. Mereka pun diwajibkan untuk kembali melakukan isolasi mandiri selama 14 hari di tempat perantauan mereka masing-masing, terhitung sejak hari kedatangan.

Nah, merujuk pada kedua hal tersebut. Berikut beberapa hal yang wajib untuk kamu persiapkan sebelum melakukan mudik lebaran.

1. Membawa makanan, minuman serta snack sendiri dari rumah

Membawa makanan, minuman serta snack sendiri dari rumah

Biasanya, salah satu kebiasaan yang paling sering kita lakukan saat mudik lebaran adalah melakukan pemberhentian untuk sekedar mencari makan atau membeli snack maupun jajanan yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh untuk para kerabat kita dikampung halaman. Sebisa mungkin, hindari dahulu kebiasaan ini.

2. Mengenakan masker, dan membawa masker cadangan secukupnya

Mengenakan masker, dan membawa masker cadangan secukupnya

Hal lain yang tak kalah penting adalah mengenakan dan membawa masker cadangan selama dalam perjalanan. Mengapa demikian? Karena kita tidak tahu, siapa saja yang akan kita temui dijalan? Dan kita bahkan tidak tahu, apakah mereka telah tertular oleh virus corona atau belum. Maka untuk memastikan keselamatan diri sendiri, mari kita taati perintah resmi pemerintah untuk selalu menggunakan masker saat bepergian atau berada di pusat keramaian.

3. Jangan lupa membawa hand sanitizer

Jangan lupa membawa hand sanitizer

Berapa banyak diantara kita yang mampu menahan rasa kebelet untuk buang air kecing maupun buang air besar selama dalam perjalanan? Tentu saja tidak ada. Maka dari itulah kamu wajib membawa hand sanitizer. Gunakan hand sanitizer sesaat setelah kamu memegang gagang pintu toilet atau wc umum, atau hal-hal lain yang berpotensi untuk menyebarkan virus.

4. Hindari untuk bersalaman, sekalipun  itu dengan tetangga kampungmu sendiri

Hindari untuk bersalaman, sekalipun  itu dengan tetangga kampungmu sendiri

Yap, salah satu kebiasaan lain yang harus kamu hindari adalah kebiasaan untuk bersalaman. Biasanya, saat mudik lebaran, secara tidak sengaja kita seringkali bertemu dengan saudara ataupun tetangga kampung. Dan lumrahnya, kita pasti akan bersamalan dengan mereka bukan? Dalam situasi normal tentu kamu wajib melakukan hal ini. Namun dalam situasi seperti saat ini. Hindari dulu kebiasaan yang satu ini dan gantikan dengan cara lain yang bisa kamu gunakan untuk saling menyapa.

5. Jangan lupa untuk membawa minyak angin

Jangan lupa untuk membawa minyak angin

Buat kamu yang sering mabuk perjalanan. Ada baiknya untuk terlebih dahulu meminum obat anti mabuk sebelum melakukan perjalanan. Dan jangan lupa untuk membawa minyak angin aromatherapy seperti halnya tolak angin care untuk mencegah rasa mual atau masuk angin yang mungkin terjadi.

Tolak angin care terbuat dari bahan alami yang mengandung ekstrak jahe dan minyak peppermint yang mampu menghangatkan tubuhmu selama dalam perjalanan. So, selain permen jahe, kamu dapat membawa tolak angin care untuk mengurangi mabuk perjalananmu.

Nah, itulah 5 hal yang wajib kamu persiapkan sebelum melaksanakan mudik lebaran di tengah pandemi corona.

Leave a reply:

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Site Footer

Sliding Sidebar

Categories

Arsip