BPJS Kesehatan, Apa Manfaatnya? Dan Bagaimana Cara Mendaftarnya?

Posted on

BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan merupakan badan publik milik pemerintah yang mulai beroperasi sejak 1 januari 2014 silam yang  bertugas untuk menyelenggarakan program jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia, sebagaimana tertuang dalam UU No. 40 Tahun 2004 yang mengatur tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional dan UU No. 24 Tahun 2011 yang berkaitan dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau yang lebih kita kenal dengan sebutan BPJS. BPJS sendiri terbagi kedalam 2 kategori, yakni BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan yang masing-masing berdiri sendiri sebagai badan publik yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan sosial, baik dalam hal kesehatan maupun dalam hal ketenagakerjaan. Namun pada kesempatan kali ini, kita hanya akan membahas tentang BPJS Kesehatan saja, karena program inilah yang dirasa paling dekat dengan kebutuhan masyarakat kita.

Bicara soal BPJS Kesehatan, sebagian dari Anda mungkin akan bertanya-tanya, siapa sajakah sebetulnya yang berhak menjadi peserta program ini?

BPJS Kesehatan sendiri merupakan sebuah program wajib yang dibuat oleh pemerintah untuk memberikan kepastian perlindungan serta mewujudkan kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Itu artinya seluruh masyarakat Indonesia tidak hanya berhak, melainkan juga wajib untuk menjadi peserta program BPJS Kesehatan. Tak terkecuali bagi mereka yang sudah memiliki asuransi atau jaminan kesehatan lain.

Lantas bagaimana cara membuat BPJS Kesehatan dan apa sajakah persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengikuti program BPJS Kesehatan?

Bagi Anda yang belum terdaftar dalam program BPJS Kesehatan, Anda bisa dengan mudah mendaftarkan diri Anda secara online. Cukup unduh dan pasang aplikasi Mobile JKN di gadget Anda.

Aplikasi Mobile JKN BPJS 1

Jika sudah, silahkan buka aplikasi tersebut, dan pilih menu “Pendaftraan peserta baru”

Aplikasi Mobile JKN BPJS 2

Silahkan baca dan pahami terlebih dahulu seluruh syarat dan ketentuan layanan BPJS Kesehatan dalam form persetujuan penggunaan.

Aplikasi Mobile JKN BPJS 3

Kemudian pilih “Saya Setuju”, dan silahkan lanjutkan prosedur pendaftaran Anda hingga selesai.

Perlu diketahui, bahwa jika setelah Anda mengisi NIK dan memilih menu cari muncul pesan bahwa kepala keluarga belum terdaftar namun anggota keluarga sudah terdaftar, biasanya anda akan diminta untuk datang langsung ke kantor BPJS terdekat, dan jika tanpa sepengetahuan anda ternyata anda sudah terdaftar, biasanya akan muncul pesan bahwa anda sudah terdaftar dan diminta untuk memilih menu “Pendaftaran pengguna mobile”. Jadi, selain untuk mendaftar, aplikasi ini bisa sekaligus anda gunakan untuk melakukan pengecekan, apakah selama ini anda dan anggota keluarga anda sudah terdaftar atau belum.

Jika belum terdaftar, yang perlu Anda siapkan untuk membuat BPJS secara online, kurang lebih sama dengan berkas-berkas yang harus Anda bawa jika ingin mendaftar BPJS Kesehatan secara langsung atau offline, yakni:

1. Kartu Identitas yang masih berlaku, baik itu e-KTP, SIM maupun Passport.
2. Kartu Keluarga yang sudah diperbaharui dan masih berlaku
3. Khusus bagi Anda yang sudah menikah, siapkan juga buku Nikah Anda.
4. Buku tabungan
5. 2 Lembar pas foto berukuran 3×4

Kedua metode pendaftaran tersebut bisa dikatakan sama saja, karena pada akhirnya anda tetap harus datang sendiri ke kantor cabang BPJS terdekat untuk mencetak kartu BPJS anda. Bedanya, dengan mendaftar BPJS Kesehatan secara online, seluruh proses pengisian data dan pembayaran iuran awal bisa anda lakukan dimana saja tanpa perlu mengantre dan menyiapkan waktu khusus untuk datang langsung ke kantor BPJS terdekat, dan untuk pencetakan kartu BPJS-nya pun dapat anda lakukan secara fleksibel, kapanpun ketika anda sempat.

Bagaimana? cukup mudah bukan?

Lantas apa sajakah manfaat atau keuntungan yang bisa anda peroleh dengan memiliki kartu BPJS Kesehatan?

Setiap orang yang terdaftar dalam program BPJS Kesehatan dan memiliki Kartu BPJS kesehatan berhak mendapatkan jaminan kesehatan, baik secara medis maupun non-medis. Itu artinya seluruh biaya pemeriksaan, konsultasi dan obat akan ditanggung oleh BPJS, bahkan jika perlu dilakukan tindakan medis seperti halnya operasi, BPSJ juga yang akan meng-cover biayanya. Namun biasanya, anda akan diberikan pilihan dari pihak Rumah Sakit, ingin biaya operasinya yang di cover? atau biaya rawat inapnya yang dicover? karena dalam waktu bersamaan BPJS tidak dapat meng-cover 2 jenis biaya sekaligus. Dan setelah operasi, sudah barangtentu anda harus tinggal untuk dirawat dalam beberapa hari sebelum diperbolehkan pulang kerumah. Dan tentu saja hal ini akan sangat meringankan, karena biaya operasi saat ini bisa dikatakan tidak murah. Selain manfaat medis, anda juga bisa menggunakan BPJS untuk manfaat non-medis seperti pemanggilan ambulans.

Sungguh suatu keuntungan yang luar biasa bukan?

Jadi, segera daftarkan diri anda dan seluruh anggota keluarga anda dalam program BPJS Kesehatan dan nikmati seluruh manfaat medis tersebut 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.