Inilah, 10 Manfaat Leunca Bagi Kesehatan

Manfaat Leunca Bagi Kesehatan

Bagi kamu yang gemar mengkonsumsi tumis oncom, nama leunca mungkin sudah tak asing lagi ditelingamu. Bahkan di beberapa daerah, leunca kerap dijadikan lalapan untuk disantap bersama sambal bawang. Namun tahukah kamu jika buah yang satu ini ternyata menyimpan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh kita? Yap, selain kaya akan antioksidan, buah berwarna hijau ini juga dipercaya memiliki beragam kandungan nutrisi penting, seperti: protein dan vitamin.

Manfaat Leunca Bagi Kesehatan

Sayuran indegenous yang memiliki nama latin Solanum Nigrum ini dapat dengan mudah ditemui dinegara-negara beriklim tropis, seperti Indonesia. Dan kendati rasanya cukup pahit, leunca diyakini memiliki beragam manfaat kesehatan, seperti:

1. Baik untuk kesehatan mata

Di Tanzania, leunca kerap digunakan untuk mengobati berbagai keluhan mata, seperti iritasi yang menyebabkan mata merah. Maupun keluhan lain seperti mata kering. Tentu, hal ini amat berkaitan erat dengan kandungan Vitamin A yang ada didalam buah leunca. Dimana dalam 100gr leunca terkandung lebih kurang 2.000mg vitamin A.

2. Mencegah hipertensi

Rutin mengkonsumsi leunca juga diyakini dapat memperlancar peredaran darah dan mencegah hipertensi alias tekanan darah tinggi. Kamu bisa mulai mengkonsumsinya sebagai lalapan atau sebagai bahan pelengkap saat menumis oncom dan daun kemangi.

3. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan kalsium yang ada didalam buah leunca juga diyakini amat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Terdapat sekitar 99 – 442mg kalsium didalam 100gr buah leunca.

4. Menjaga kesehatan organ ginjal

Hal ini karena adanya kandungan antioksidan yang cukup melimpah dalam buah leunca. Antioksidan inilah yang nantinya akan mengoptimalkan fungsi ginjal dan membantunya terhindar dari kerusakan.

Advertisements

5. Meringankan gejala demam

Sifat antipiretik yang dimiliki leunca juga bermanfaat untuk meringankan berbagai gejala demam secara alami. Hal ini karena adanya berbagai kandungan nutrisi seperti vitamin A, B,C, fosfor, zat besi hingga kalsium.

6. Mencegah sembelit atau sulit BAB

Tak hanya berguna untuk menjaga kesehatan saluran cerna, leunca juga diyakini mampu mengatasi masalah sembelit atau sulit BAB (buang air besar). Hal ini karena adanya kandungan serat yang cukup melimpah didalam buah leunca.

7. Mengatasi Sariawan

Leunca juga dipercaya mampu mengatasi sariawan hingga meredakan sakit tenggorokan. Hal ini karena adanya kandungan Vitamin C didalam buah leunca.

8. Menjaga kesehatan kulit

Beragam kandungan vitamin dan mineral yang ada didalam buah leunca juga dianggap bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit serta mencegah timbulnya flek hitam dan kerutan diwajah. Ekstrak leunca bahkan kerap dimanfaatkan untuk mengobati masalah kulit tertentu seperti alergi maupun iritasi.

9. Mencegah penyakit kanker

Selain kaya akan antioksidan, leunca juga memiliki beragam kandungan lain seperti solasonine, solamargine, solasodine, serta solanine yang memiliki sifat antikanker, antiperadangan, antibakteri dan antimitosis. Kandungan-kandungan inilah yang akan membentengi tubuh dari beragam resiko penyakit serius seperti halnya kanker.

10. Pereda rasa sakit

Pakistan Journal of Nutrition bahkan telah membuktikan khasiat leunca sebagai pereda rasa sakit. Hal ini tak lain karena adanya sifat anti inflamasi yang didapat dari senyawa Solasodine yang ada didalam buah leunca.

Selain beragam manfaat diatas, leunca juga diyakini mampu mengatasi insomnia (sulit tidur), mencegah penyakit kuning, mengobati infeksi saluran kemih (ISK), mencegah skorbut (scurvy) yang disebabkan kurangnya vitamin C, meningkatkan nafsu makan, hingga meredakan cemas atau kepanikan. Kendati demikian, tidak semua jenis leunca dapat dikonsumsi. Karena ada jenis-jenis tertentu yang justru membahayakan tubuh karena mengandung zat yang beracun. Umumnya, leunca yang berasal dari kelompok kultivar lah yang dapat dikonsumsi.

Advertisements

Leave a reply:

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.