Inilah, 6 Manfaat Mengkonsumsi Susu Bagi Para Lansia

Inilah, 6 Manfaat Mengkonsumsi Susu Bagi Para Lansia

Susu kalsium tinggi menjadi salah satu nutrisi pelengkap yang amat dibutuhkan tubuh. Utamanya bagi mereka yang telah berusia lanjut. Yap! semakin tua usia seseorang, maka semakin tinggi pula kebutuhan akan kalsium dan vitamin D yang harus dipenuhi tubuh. Hal ini demi mendukung kesehatan dan kepadatan tulang. Para lansia bahkan dianjurkan untuk meminum susu kalsium tinggi sebanyak 3 gelas dalam sehari (atau setara dengan 1.200 mg kalsium).

Manfaat Susu Bagi Para Lansia

Tak hanya mampu mencegah osteoporosis, susu kalsium tinggi juga dipercaya memiliki beragam manfaat lain bagi para lansia, yakni:

1. Menjaga massa otot

Tahukah kamu, bahwa diusia tua massa otot kita akan mulai berkurang sebanyak 3% setiap tahunnya? Padahal massa otot amat diperlukan tubuh untuk menunjang proses metabolisme sekaligus men-stabilkan berat badan. Nah, salah satu cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah dengan rutin mengkonsumsi susu untuk lansia. Karena selain kaya akan kalsium dan vitamin D, susu juga diyakini kaya akan protein. Maka dengan rutin mengkonsumsi susu, para lansia diharapkan mampu terhindar dari penyakit sarkopenia alias hilangnya massa otot.

2. Mencegah penyakit Alzheimer

Selain sarkopenia dan osteoporosis, alzheimer menjadi penyakit lain yang sering menghantui para lansia. Namun kabar baiknya, penyakit inipun sebetulnya bisa dicegah. Yap! salah satu cara terampuh untuk mencegah penyakit alzheimer adalah dengan rutin mengkonsumsi susu. Kandungan gluthatione (antioksidan) yang ada didalam susu diyakini mampu melindungi otak dari kerusakan sekaligus mencegah kepikunan serta penyakit alzheimer.

Advertisements

3. Menyehatkan jantung

Diusia senja, tubuh juga membutuhkan nutrisi lain seperti kalium dan potasium (yang juga terkandung didalam segelas susu). Kedua nutrisi ini memiliki peran yang amat penting dalam menjaga tekanan darah serta menghindarkan para lansia dari berbagai penyakit kardiovaskular seperti stroke dan penyakit jantung.

4. Mencegah depresi dan insomnia

Kandungan vitamin D yang ada didalam segelas susu juga diyakini mampu merangsang pembentukan hormon serotonin didalam tubuh kita. Yakni hormon yang erat kaitannya dengan suasana hati seseorang. Serotonin pulalah yang akan membuatmu tidur dengan lebih nyenyak dan terhindar dari insomia serta depresi.

5. Mencegah dehidrasi

Tak sebaik air putih memang, namun mengkonsumsi susu juga dapat membantu para lansia terhindar dari dehidrasi.

6. Mencegah Diabetes

Susu kalsium tinggi yang rendah gula juga diyakini mampu mencegah penyakit diabetes. Hal ini karena indeks glikemik yan tergolong cukup rendah. Serta adanya kandungan kalsium dan magnesium yang dipercaya mampu menurunkan resiko diabetes.

Nah, itulah 6 manfaat susu bagi para lansia. Dengan rutin mengkonsumsi susu kalsium tinggi seperti halnya Susu Ensure, para lansia diharapkan dapat tetap aktif bergerak. Dan terhindar dari berbagai penyakit degeneratif seperti osteoporosis. Namun lagi-lagi, hal ini tetap perlu dibarengi dengan pola hidup sehat seperti makan yang teratur, cukup istirahat dan rutin berolahraga.

Advertisements

Leave a reply:

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.