Punya Masalah Kesehatan? Tanyain Aja di Forum SehatQ!

Punya Masalah Kesehatan Tanyain Aja di Forum SehatQ

Bagi sebagian orang, mengkonsultasikan masalah kesehatan bukanlah sebuah perkara yang mudah. Yap, ada yang memang memiliki sifat cukup tertutup alias introvert sehingga merasa sulit untuk membagikan hal-hal tertentu kepada orang lain. Namun ada juga yang kadangkala enggan untuk mengkonsultasikannya, karena merasa malu dengan problem yang sedang dihadapi. Padahal secara psikologis, ada perasaan “plong” yang akan kamu alami setelah menceritakan atau mengkonsultasikan hal tersebut.

Nah, buat kamu yang sering merasa kesulitan untuk mengkonsultasikan problem kesehatanmu secara langsung. Kini kamu bisa menanyakan atau mengkonsultasikannya secara online melalui Forum SehatQ. Di Forum SehatQ, ada ribuan dokter dari berbagai bidang spesialiasi yang siap untuk membantu menjawab setiap pertanyaanmu.

Forum SehatQ

Caranya pun mudah, cukup tuliskan pertanyaanmu di kolom yang telah tersedia pada tautan berikut: https://www.sehatq.com/forum dan klik tombol kirim. Namun sebelum mulai bertanya, kamu harus terlebih dahulu membuat akun di Forum SehatQ. Kamu bisa melakukan registrasi dengan menggunakan akun Google atau facebook-mu, maupun mengisi form pendaftaran secara manual. Hal ini penting, supaya para dokter yang hendak menjawab pertanyaanmu mengetahui informasi umum seperti jenis kelamin dan usia dari penanya yang bersangkutan.

Sekalipun begitu, informasi detail seperti nama lengkapmu, tidak akan ditampilkan pada kolom pertanyaan. Itulah mengapa kamu bisa dengan leluasa menanyakan hal apapun. Bahkan hal-hal yang menurutmu cukup memalukan sekalipun. Karena privasi-mu akan benar-benar terjaga.

Tips konsultasi kesehatan secara online

Tips konsultasi kesehatan secara online

Namun sebelum mulai bertanya, ada beberapa tips konsultasi kesehatan secara online yang wajib untuk kamu perhatikan. Hal ini berguna, agar konsultasi yang kamu lakukan dapat menjadi lebih optimal. Ingin tahu apa saja tipsnya? Mari simak penjelasannya berikut ini:

1. Pahami gejala yang kamu rasakan

Pahami gejala yang kamu rasakan

Tak sedikit orang yang pulang dalam keadaan bingung setelah mengkonsultasikan masalah kesehatannya. Beberapa dari mereka, bahkan merasa telah melakukan hal yang sia-sia karena tidak mendapatkan jawaban yang cukup memuaskan atas problem kesehatan yang mereka hadapi.

Biasanya, hal ini terjadi karena pasien yang bersangkutan agak kesulitan dalam menceritakan gejala atau kondisi yang sedang ia alami.

Nah, hal yang sama berlaku saat kamu hendak mengkonsultasikan masalah kesehatanmu secara online. Sebelum mulai bertanya, ada baiknya untuk melakukan riset kecil-kecilan dengan bantuan mesin pencari. Kamu bisa langsung mengetikkan beberapa gejala yang sedang kamu alami, untuk mendapatkan beberapa informasi yang mungkin akan membantu. Dari sini, setidaknya kamu bisa mengetahui masalah kesehatan apa yang sedang kamu alami. Sehingga kamu bisa menanyakannya dalam kategori yang tepat.

2. Ingat-ingat lagi history rekam medismu

Ingat-ingat lagi history rekam medismu

Saat mengantre di rumah sakit, biasanya kamu baru akan dipanggil jika rekam medismu telah sampai ke ruang dokter. Hal ini penting, sebagai bahan pertimbangan yang akan digunakan oleh para dokter saat hendak mendiagnosa keluhanmu.

Hal yang sama berlaku, saat kamu hendak mengkonsultasikan masalah kesehatanmu secara online. Jika saat ini kamu sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu, maka beritahukanlah hal itu dalam pertanyaan yang kamu ajukan. Atau jika diwaktu-waktu sebelumnya kamu pernah didiagnosa menderita penyakit tertentu atau pernah rawat inap karena masalah kesehatan tertentu, beritahukanlah juga hal tersebut. Hal ini akan sangat membantu para dokter yang akan menjawab pertanyaanmu.

3. Ingat-ingat lagi apa pemicunya

Ingat-ingat lagi apa pemicunya

Umumnya, setiap gejala penyakit yang kita rasakan dipicu oleh sesuatu hal yang pernah kita lakukan atau konsumsi. Sebagai contoh, jika keluhan yang kamu rasakan adalah gatal-gatal disekujur tubuh, atau muncul ruam merah dibagian tubuh tertentu. Ingat-ingat lagi makanan atau minuman apa saja yang telah kamu konsumsi sebelum gejala tersebut muncul. Hal ini akan sangat membantu para dokter untuk mendiagnosa alergi atau penyakit apa yang sedang kamu alami.

Nah, itulah 3 tips konsultasi kesehatan secara online yang wajib untuk kamu perhatikan. Jangan ragu untuk menyampaikannya di Forum SehatQ. Karena ada ribuan dokter yang akan selalu siap untuk menjawab setiap pertanyaanmu. Bahkan jika ingin mendapatkan jawaban yang jauh lebih spesifik lagi, kamu bisa memanfaatkan fitur chat dokter di aplikasi kesehatan SehatQ.

So, tunggu apalagi? jangan simpan keluhanmu rapat-rapat. Karena kesehatan selalu diawali oleh kesadaran akan kondisi diri sendiri 🙂

Leave a reply:

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Site Footer