Sumber-sumber Penyakit

Posted on

Sumber-sumber Penyakit

Penyakit, ketika menyerang tubuh memang sangat mengganggu dan dapat menghambat aktivitas. Penyakit-penyakit itu datang tentu saja disebabkan oleh sesuatu. Untuk menghindari dan memproteksi diri Anda dari serangan penyakit, ada baiknya Anda mengetahui dan mempelajari mengenai sumber penyakit tersebut. Berikut uraiannya.


Virus

Penyakit Yang Disebabkan Virus

Virus merupakan salah satu penyebab timbulnya penyakit yang menyerang tubuh. Penyakit yang disebabkan oleh virus memiliki gejala yang mirip dengan gejala penyakit bila yang diakibatkam oleh bakteri. Penyakit yang disebabkan oleh virus contohnya adalah flu, demam, diare, alergi dan masih banyak lagi. Penyakit yang disebabkan oleh virus dapat menyebar melalui kontak, bersin, dan batuk.

Penyakit yang disebabkan oleh virus ini tidak dapat ditangani oleh pemberian antibiotik. Penyakit ini dapat ditangani dengan pemberian antivirus. Salah satu contoh obat untuk penyakit yang disebabkan okeh virus (contohnya alergi dan flu) adalah Antialergi dan dekongestan.

Bakteri

Penyakit Yang Disebabkan Bakteri

Bakteri dapat menyerang tubuh manusia melalui makanan yang terkontaminasi, kontak dengan cairan seperti tinja, urine, atau darah. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri perlu penanganan dengan saksama dari dokter. Penyakit yang bersumber dari bakteri ini beberapa ada yang berbahaya dan dapat mengancam jiwa penderitanya. Contoh penyakitnya adalah sepsis, meningitis, tuberkolosis, leptospirosis, dan lainnya.

Hewan

Penyakit Yang Bersumber dari Hewan

Beberapa penyakit ada juga yang disebabkan oleh hewan. Berikut adalah contoh hewan yang menjadi sumber penyakit.

1. Cacing

Cacing

Cacing yang menimbulkan penyakit adalah cacing parasit. Cacing seperti ini hidup menumpang atau sebagai parasit pada organisme lain. Cacing parasit kemudian akan menyerap nutrisi dari inangnya. Penyerapan nutrisi inilah yang menimbulkan penyakit. Contoh penyakit yang disebabkan oleh cacing adalah cacingan, filariasis, askariasis, dan lain-lain.

2. Nyamuk

Nyamuk

Gigitan nyamuk dapat menimbulkan penyakit. Salah satunya adalah penyakit demam berdarah. Penyakit ini dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti. Penyakit ini cukup serius dan membutuhkan penanganan dokter. Gejalanya adalah demam tinggi, sakit kepala, nyeri tulang, dan lainnya. Untuk mencegah penyakit ini Anda dapat mengaksesnya disini https://www.guesehat.com/gejala-dan-cara-mengatasi-demam-berdarah-sejak-dini

Itulah informasi mengenai berbagai sumber penyakit. Semoga dapat membuat Anda semakin waspada dan berhati-hati dalam melindung anggota keluarga Anda dari penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.