7 Alasan Mengapa Orang Tua Perlu Membekali Putra Putri Mereka dengan Aplikasi Ruangbelajar dari Ruangguru

Alasan Orang Tua Memilih Ruangbelajar dari Ruangguru

Pertengahan Juli nanti, pemerintah melalui Kemendikbudristek berencana untuk kembali membuka sekolah tatap muka terbatas. Hal ini mengacu pada SKB 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi. Tentu, tak semua orang tua dan guru sepakat dengan keputusan ini. Namun jika ingin ditilik lebih jauh, sebetulnya ada perbedaan yang cukup signifikan antara sekolah tatap muka terbatas dengan sekolah tatap muka biasa yang dilakukan sebelum masa pandemi. Presiden sendiri bahkan sempat memberikan beberapa rekomendasi, jika sekolah tatap muka terbatas ini jadi dilakukan. Antara lain kapasitas kelas yang hanya diisi oleh 25% siswa, kegiatan belajar mengajar yang hanya berlangsung sebanyak 2 kali dalam seminggu, vaksinasi menyeluruh terhadap seluruh perangkat sekolah, serta izin dari orang tua atau wali murid. Sebuah rekomendasi yang agaknya masih sulit untuk dipenuhi. Bahkan jika ingin mengacu pada lonjakan kasus positif yang terjadi pasca mudik lebaran. Agaknya, model Pembelajaran Jarak Jauh masih akan menjadi pilihan.

Masalahnya, belum semua sekolah mampu melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh secara optimal. Itulah mengapa, dibutuhkan aplikasi belajar yang mampu memutus jarak, ruang, dan waktu selama PJJ masih menjadi opsi utama.

Hal ini pulalah yang mendorong Ruangguru, menciptakan sebuah solusi praktis melalui produk Ruangbelajar-nya. Ruangbelajar by Ruangguru diharapkan mampu menjadi solusi terbaik yang dapat mendukung pelaksanaan PJJ diberbagai sekolah di Indonesia.

Mengapa Harus Ruangbelajar by Ruangguru?

Ada beberapa alasan mengapa para orang tua perlu membekali putra putri mereka dengan aplikasi belajar online terbaik Ruangbelajar.

1. Materi yang sesuai dengan kurikulum anak di sekolah

Materi sesuai dengan kurikulum

 

 

Di Ruangbelajar, anak bisa mengakses materi belajar yang sesuai dengan kurikulum dan jenjang pendidikannya. Itu artinya, setiap kali anak merasa kesulitan untuk memahami materi pelajaran yang didapatkannya di sekolah. Mereka bisa langsung mengakses materi serupa yang telah tersedia di Ruangbelajar. Dari sini, prestasi akademik anak diharapkan dapat mulai meningkat.

2. Materi yang dikemas dalam bentuk video animasi

Materi yang dikemas dalam bentuk video animasi

Di sekolah, anak mungkin hanya akan menerima materi pelajaran dalam bentuk teks atau gambar. Dimana materi seperti ini, sebetulnya cukup membosankan dimata anak. Namun di Ruangbelajar, anak bisa mengakses materi belajar dalam bentuk video animasi dengan penjelasan yang mudah untuk dimengerti.

3. Tersedia ratusan ribu soal untuk mengasah kemampuannya

Tersedia ratusan ribu soal untuk mengasah kemampuannya

Salah satu cara terbaik untuk mengetahui perkembangan belajar anak adalah dengan memberikannya latihan soal. Dari soal-soal inilah, daya ingat anak kembali diasah. Di Ruangbelajar, anak wajib untuk mengikuti latihan soal di setiap bab yang telah dipelajarinya. Tak hanya latihan soal, ada kuis dan cek kemampuan yang harus dilalui anak. Dengan metode ini, anak diharapkan dapat benar-benar memahami setiap materi yang telah dipelajarinya.

4. Materi belajar yang bisa di-unduh secara gratis

Materi belajar yang bisa di-unduh secara gratis

Tahukah kamu? saat ini, banyak provider yang telah menyediakan paket edukasi untuk para pelanggannya. Dengan paket ini, anak dapat mengakses aplikasi belajar Ruangguru dengan harga yang jauh lebih murah ketimbang membeli kuota reguler. Pemerintah bahkan telah menyalurkan bantuan kuota edukasi ini ke semua sekolah di Indonesia. Dengan program ini, masalah akses internet diharapkan dapat mulai teratasi.

5. Cara belajar yang lebih menyenangkan

Cara belajar yang lebih menyenangkan

Di Ruangguru, anak dapat menikmati pengalaman belajar yang lebih menyenangkan. Hal ini karena adanya fitur gamification. Dengan fitur ini, anak diharapkan dapat lebih bersemangat lagi dalam belajar, karena setiap kali anak menyelesaikan sebuah bab baru, ada reward berbentuk XP, Gold, dan Level yang akan ia terima. Persis ketika anak berhasil menang dalam sebuah game yang sedang dimainkannya.

6. Dukungan dari guru-guru terbaik

Dukungan dari guru-guru terbaik

Di Ruangguru, anak akan dibimbing oleh para master teacher berpengalaman. Ada Kak Asthina yang pernah mengikuti olimpiade geografi internasional, Kak Rika yang berhasil menyelesaikan studi masternya di University College London dengan beasiswa Chevening, dan masih banyak lagi.

7. Tersedia rapor anak

Tersedia rapor anak

Diakhir semester, para orang tua bisa memantau perkembangan belajar anak dengan melakukan pengecekan rapor secara online. Dari sini orang tua bisa menilai, seberapa pesat perkembangan belajar anak setelah menggunakan aplikasi belajar Ruangguru. Dan membandingkannya dengan nilai anak disekolah.

Ruangbelajar by Ruangguru diharapkan mampu membantu anak meraih hasil maksimal dalam proses belajarnya. Tak hanya dari segi nilai, melainkan juga dari segi karakter. Dengan begitu, ketika lulus nanti anak siap berkompetisi untuk mendapatkan kampus impiannya. Ruangguru merupakan investasi terbaik para orang tua untuk masa depan putra putri mereka.

Leave a reply:

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Site Footer