7 Persiapan yang Harus Dilakukan Sebelum Memulai Bisnis Online

Posted on

7 Persiapan yang Harus Dilakukan Sebelum Memulai Bisnis Online

Membangun suatu bisnis online baik itu usaha utama ataupun usaha sampingan sebenarnya tidak sesederhana yang dibayangkan. Walaupun metode pemasarannya cukup mudah, tetapi juga tetap harus dibangun sebaik mungkin agar hasilnya juga memuaskan. Oleh sebab itu kamu perlu menyiapkan beberapa hal sebelum memulai bisnis online.


1. Modal untuk Memulai Bisnis

Modal untuk Memulai Bisnis

Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah modal untuk memulai bisnis. Kamu bisa mengecualikan bisnis online sebagai dropshipper. Modal ini nantinya akan digunakan untuk menyiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan bisnis.

Misalnya jika kamu membuka bisnis kuliner, maka modal ini dialokasikan untuk membeli bahan makanan dan juga peralatan pendukung seperti kompor dan sebagainya. Poin ini sangat penting, karena tanpa modal suatu bisnis akan sulit untuk berjalan.

2. Merencanakan Bisnis dengan Matang

Merencanakan Bisnis dengan Matang

Bisnis juga harus direncanakan dengan sematang mungkin sebelum mulai dipasarkan secara online. Perencanaan ini berkaitan dengan seberapa kreatif ide yang akan dijadikan sebagai bisnis. Tidak hanya itu saja, jangan lupa untuk melakukan riset pasar serta harga produk di pasaran.

Ide untuk peluang usaha bisnis dapat diambil dari hobi yang kamu miliki. Pasalnya menggeluti bisnis yang sesuai dengan skill atau hobi cenderung lebih mudah untuk dijalani. Kamu akan lebih bersemangat dan menikmati segala kegiatan yang sedang kamu lalui.

3. Perangkat Elektronik Pendukung

Perangkat Elektronik Pendukung

Memulai bisnis online tentu saja membutuhkan perangkat elektronik seperti komputer dan gadget. Kedua perangkat ini akan menjadi media utama untuk melakukan transaksi jual beli secara online. Oleh sebab itu kamu sebaiknya menyediakan komputer atau gadget yang memang benar-benar memadai.

Selain itu koneksi internet juga menjadi faktor pendukung utama. Tanpa koneksi yang baik, bisnismu juga akan berjalan tersendat-sendat. Bisa jadi ada seorang pelanggan yang menghubungimu, tetapi kamu lambat merespon sebab koneksimu buruk. Makanya usahakan agar kamu memiliki wifi atau data yang maksimal untuk terhubung ke interntet.

4. Strategi Pemasaran

Strategi Pemasaran

Kamu harus mulai mempelajari tentang strategi pemasaran sebelum mulai membuka bisnis online. Strategi ini tentu memiliki perbedaan dibanding dengan metode konvensional. Karena bisnisnya akan dilakukan melalui media online, kamu harus memahami begaimana pemasaran pada media tersebut.

Ada banyak hal yang dapat dimanfaatkan untuk melejitkan bisnis secara online. Beberapa diantaranya adalah dengan menggunakan SEO atau Search Engine Marketing, iklan berbayar, hastag, memakai jasa endorseri, dan masih banyak lagi. strategi paling sederhana yaitu meminta bantuan promosi kepada keluarga dan teman dekat.

5. Membangun Kerjasama dengan Pemilik Bisnis yang Sama

Membangun Kerjasama dengan Pemilik Bisnis yang Sama

Menjalin kerjasama dengan orang yang mempunyai bisnis sama dengan kamu juga merupakan hal yang sebaiknya dilakukan sebelum membuka bisnis online. Apalagi kalau bisnismu memerlukan bantuan dari pemilik bisnis lain. Salah satu contohnya adalah bekerjasama dengan supplier makanan beku ketika ingin membuka bisnis kuliner.

6. Membuat Akun atau Media Jual Beli Online

Membuat Akun atau Media Jual Beli Online

Akun atau media jual beli online sebenarnya merupakan persiapan paling penting yang harus kamu lakukan. Karena segala proses transaksi jual beli yang nantinya akan berlangsung dilakukan melalui akun dan media online ini. sebagai usaha menarik pelanggan kamu dapat membuat brand bisnismu semenarik mungkin.

Ada banyak sekali media online yang bisa kamu jadikan tempat untuk berbinis. Mulai dari sosial media seperti Facebook dan Instagram. Kamu juga bisa membuka akun pada platform jual beli semisal Lazada, Shopee, Bukalapak, dan Tokopedia. Semakin banyak akun bisnismu, maka peluang untuk mengembangkan usaha juga semakin besar.

7. Akun Rekening Bisnis

Akun Rekening Bisnis

Membuat akun untuk rekening bisnis juga perlu dilakukan. Meski pada tahap awal kamu dapat memanfaatkan rekening pribadi untuk melakukan transaksi pengiriman uang. Meskipun begitu pastikan bahwa rekening tersebut tidak kamu ganggu gugat. Dengan kata lain saldo dalam rekeningmu memang dikhususkan untuk kelangsung bisnis.

Ketika bisnismu sudah berkembang pesat, kamu bisa membuka kembali rekening dengan nama brand-mu. Dengan begitu bisnismu akan semakin tampak lebih meyakinkan untuk para konsumen nantinya. Karena banyaknya kasus penipuan melalui media online membuat para pembeli sering mengecek akun rekening dari penjual.

Itulah tujuh persiapan yang harus kamu lakukan sebelum mulai membuka bisnis online. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.