Inilah, 4 Jenis Vitamin Kehamilan yang Bunda Butuhkan di Trimester Awal Kehamilan

Posted on

Inilah, 4 Jenis Vitamin Kehamilan yang Bunda Butuhkan di Trimester Awal Kehamilan

Mengkonsumsi vitamin kehamilan merupakan salah satu hal yang wajib untuk bunda lakukan di trimester awal kehamilan. Karena di usia kandungan yang masih amat rentan ini, bunda memerlukan cukup banyak asupan nutrisi, baik bagi tumbuh kembang janin, maupun bagi diri bunda sendiri. Maka dari itulah, mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi saja tidaklah cukup, bunda juga harus melengkapi kebutuhan nutrisi janin dengan mengkonsumsi suplemen prenatal atau multivitamin untuk ibu hamil.


Nah, diantara beragam vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh, beberapa vitamin yang paling bunda butuhkan di trimester awal kehamilan antara lain, adalah:

Folat dan Asam Folat

Vitamin Kehamilan - Folat dan Asam Folat

Vitamin B9 atau yang lebih sering kita kenal dengan istilah Folat dan Asam Folat merupakan salah satu vitamin yang paling bunda butuhkan selama masa awal kehamilan. Dan para ahli kandungan sepakat, bahwa jumlah asupan folat dan asam folat yang cukup dapat mengurangi resiko kelainan otak dan sumsum tulang belakang pada calon jabang bayi ketika ia lahir kelak. Dan sekalipun seringkali dianggap sama, folat dan asam folat nyatanya adalah 2 istilah yang sebetulnya berbeda. Folat sendiri merupakan istilah yang seringkali dipakai untuk mendefinisikan bentuk alami dari Vitamin B9, sedangkan istilah Asam Folat biasanya digunakan untuk mendefinisikan bentuk sintetis dari Vitamn B9.

Lantas dari manakah bunda bisa mendapatkan asupan folat dan asam folat untuk memenuhi nutrisi harian yang bunda butuhkan dimasa awal kehamilan ini?

Untuk Folat, bunda bisa mendapatkannya dengan banyak mengkonsumsi sayur-sayuran hijau seperti: Bayam, Sawi Hijau, Brokoli, Daun selada, Asparagus dan masih banyak lagi. Selain dari sayur-sayuran hijau, bunda juga bisa mendapatkan asupan folat dengan mengkonsumsi buah-buahan, seperti pisang, pepaya, alpukat, jeruk, tomat, melon kuning dan buah-buahan sejenis.

Nah lho, terus untuk yang nggak suka makan buah dan sayur gimana dong Bun?

Bagi bunda yang kurang menyukai buah dan sayur, bunda bisa mendapatkan asupan folat dari telur, susu, daging ayam, hati sapi, ikan salmon, dan kacang-kacangan seperti: kacang merah, kacang hijau, kacang kedelai, kacang tanah, dan lainnya. Tapi tetep lho bun, sumber folat terbaik asalnya ya dari sayur-sayuran hijau dan buah-buahan itu tadi hihi. So, bagi bunda yang nggak terlalu menyukai buah dan sayur, ada baiknya mulai dibiasain makan buah dan sayur ya bun dari sekarang 🙂

Sedangkan untuk asam folat sendiri, bunda bisa dengan mudah mendapatkannya melalui vitamin kehamilan atau suplemen ibu hamil yang banyak tersedia di apotek dan toko-toko obat disekitar tempat tinggal bunda. Dan untuk jumlahnya sendiri, bunda amat direkomendasikan untuk mengkonsumsi 600 mikrogram (mcg) asam folat pada trimester pertama kehamilan. Dan bisa dikurangi menjadi 400 mikrogram (mcg) setelah melewati trimester pertama.

Vitamin D dan Kalsium

Vitamin Kehamilan - Vitamin D dan Kalsium

Jenis vitamin dan mineral kedua yang bunda butuhkan di trimester awal kehamilan adalah Vitamin D dan Kalsium. Dan keduanya wajib bunda konsumsi dalam 1 paket. Mengapa demikian? karena fungsi Vitamin D sendiri, salah satunya adalah untuk membantu penyerapan kalsium supaya lebih optimal. Dan kalsium sendiri, seperti yang telah sama-sama kita ketahui, amat berguna dalam proses pembentukan tulang, gigi, dan otot bayi. Dan bunda amat dianjurkan untuk mengkonsumsi 10 mikrogram (mcg) vitamin D plus 1.000 miligram (mg) kalsium setiap harinya selama masa kehamilan.

Untuk Vitamin D sendiri, bunda bisa mendapatkannya dengan cara berjemur di bawah sinar matahari pagi. Selain itu, bunda bisa mendapatkan asupan vitamin D dengan rajin mengkonsumsi telur, ikan salmon, serta daging sapi atau jika ingin lebih hemat, bunda bisa mendapatkannya melalui ikan sarden.

Sedangkan untuk Kalsium sendiri, selain melalui suplemen dan multivitamin, bunda bisa mendapatkannya dengan cara mengkonsumsi makanan sehari-hari, seperti tahu, tempe, sayur-sayuran hijau, aneka kacang-kacangan bahkan dari keju dan yogurt. Gampang dicari lah ya 🙂

Zat Besi 

Vitamin Kehamilan - Zat Besi

Selanjutnya, jika tidak ingin bayi terlahir prematur, bunda wajib memenuhi kebutuhan tubuh akan Zat Besi. Mengapa demikian? karena Zat besi amat dibutuhkan tubuh kita untuk membentuk sel-sel darah merah, dan sel-sel darah merah inilah yang bertugas untuk menyalurkan oksigen keseluruh tubuh bunda, termasuk ke janin yang sedang bunda kandung. Itulah mengapa kekurangan Zat besi tidak hanya akan menyebabkan bunda mengalami anemia dalam masa kehamilan, namun dapat juga menyebabkan bayi terlahir prematur. Duh, jangan sampe ya bun!

Itulah mengapa kebutuhan akan zat besi juga harus mulai bunda perhatikan sejak dini. Dan untuk mendapatkannya, bunda bisa mulai mengkonsumsi daging yang tidak berlemak alias fullmeat, sayur-sayuran hijau berdaun gelap seperti kangkung, kacang-kacangan dan masih banyak lagi.

Iodin (Yodium)

Vitamin Kehamilan - Iodin

Dan terakhir, bunda juga harus memenuhi kebutuhan tubuh akan Iodin atau Yodium. Mengapa? karena seperti halnya folat dan asam folat dalam poin pertama kita tadi, Iodin pun berfungsi dalam pembentukan otak dan syaraf bayi. Dan dibandingkan dengan ketiga jenis vitamin dan mineral yang telah kita bahas tadi, Iodin dapat dengan mudah bunda dapatkan dengan mengkonsumsi ikan dan susu. Dan jumlah yang bunda butuhkan pun tidak terlalu banyak, hanya sekitar 200 mikrogram (mcg) Iodin per hari. Bisa lah yaa makan ikan atau minum susu setiap hari hehe…

Nah, itulah 4 jenis vitamin kehamilan yang bunda butuhkan di trimester awal kehamilan. Untuk vitamin dan mineral lainnya, dicari tau sendiri ya bun 🙂

Sehat terus ya bun sampai proses persalinan 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.