Perbedaan Kata Hope dan Wish Serta Cara Menggunakannya

Perbedaan Kata Hope dan Wish

Kata hope dan wish, menjadi dua kata yang cukup membingungkan bagi banyak orang yang baru mulai mempelajari Bahasa Inggris. Meskipun kedua kata ini sebetulnya memiliki makna yang sama, yakni “harapan”, namun penerapan kedua kata ini dalam sebuah kalimat akan memunculkan arti yang cukup berbeda.

Itulah mengapa, kamu harus bisa menempatkan kedua kata tersebut ke dalam kalimat yang benar. Duh, jadi bingung nih ~ apa sih yang membedakan kedua kata ini dan bagaimana penggunaan hope dan wish yang benar dalam sebuah kalimat? Buat kamu yang masih bingung, mari simak penjelasan berikut ini!

Perbedaan Kata Hope dan Wish

Kata “Hope” sendiri umumnya digunakan ketika kamu hendak berbicara tentang hasil yang diinginkan dan merasa yakin bahwa hal itu bisa direalisasikan. Sementara kata “Wish” biasanya digunakan ketika kamu menginginkan adanya perubahan keadaan atau menginginkan sesuatu yang berbeda namun sulit untuk mewujudkannya.

Contoh, ketika ada orang mengatakan bahwa mereka “not given up hope”, itu berarti mereka masih percaya bahwa sesuatu bisa terjadi, meskipun itu mulai tampak tidak mungkin. Misalnya, “Our cat has been missing for five days but we haven’t given up hope that we will find”.

Artinya, “kucing kami telah hilang selama 5 hari, tapi kami belum menyerah untuk dapat menemukannya”. Dari kalimat ini kita tahu bahwa kecil kemungkinan kucing tersebut akan kembali, namun mereka masih terus berusaha menemukan kucing tersebut, karena merasa yakin bahwa masih ada harapan untuk bisa menemukannya.

Sementara kata “wish” lebih sering digunakan untuk mengungkapkan keinginan yang sepertinya sulit untuk diwujudkan.  Kata “wish” juga dapat digunakan untuk mengungkapkan hal-hal yang kamu sesali di masa lalu.

Contoh, jika kamu mengatakan, “I wish i had”, artinya kamu sedang marah pada diri sendiri karena telah melakukan kesalahan yang tidak dapat kamu ubah kembali. Misalnya, “I wish I had studied Math more” yang artinya “saya berharap bisa belajar Matematika lebih serius lagi”, dari kalimat ini, kita tahu bahwa hal tersebut sudah terlambat untuk diubah.

Jadi, sampai kamu tahu pasti bahwa kamu tidak dapat mengubah sebuah situasi, sekalipun sesuatu yang buruk telah terjadi, gunakan kata “Hope”. Sebaliknya, jika kamu yakin bahwa tidak ada yang akan berubah, atau kamu tidak memiliki kekuatan untuk mengubahnya, ucapkan “Wish”.

Nah, sampai di sini paham ya bagaimana perbedaan kata hope dan wish serta kapan waktu yang tepat untuk menggunakannya? Kalau masih bingung juga, kamu bisa belajar bareng dengan EF English First!

Leave a reply:

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Site Footer