Berikut, 5 Hal Penting Yang Harus Kamu Pertimbangkan Sebelum Membeli Mobil Baru!

Posted on

Hal Penting Yang Harus Kamu Pertimbangkan Sebelum Membeli Mobil Baru

Memiliki sebuah mobil baru merupakan dambaan setiap orang ketika keadaan finansial mereka ada di titik yang bisa dikatakan sudah cukup mapan untuk memenuhi beragam kebutuhan lain diluar seluruh kebutuhan utamanya. Dan tentu hal ini sah-sah saja, sebab untuk menempuh perjalanan yang cukup jauh, bepergian dengan mobil baru memang terasa jauh lebih nyaman ketimbang bepergian dengan sepeda motor. Terlebih jika perjalanan tersebut rutin kita lakukan setiap hari. Tentu saja hal ini akan mengurangi tingkat kejenuhan kita saat terjebak macet dijalan, karena didalam mobil kita masih bisa sedikit bersantai sambil mendengarkan siaran radio favorit kita.


Namun hal-hal apa sajakah sebetulnya yang harus kita pertimbangkan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli sebuah mobil baru?

Buat kamu yang masih bingung, berikut 5 hal penting yang harus kamu pertimbangkan sebelum membeli sebuah mobil baru:

1. Pilihlah mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu, bukan keingiananmu

Pilih Mobil Baru Yang Sesuai Dengan Kebutuhanmu

Jika anggota keluarga yang kamu miliki memang cukup banyak, jenis mobil MPV mungkin bisa menjadi prioritas utamamu saat hendak membeli sebuah mobil baru. Karena selain mampu menampung penumpang dengan kapasitas yang cukup banyak, jenis mobil MPV juga terkenal cukup irit dalam hal bahan bakar. Namun jika kebutuhanmu hanyalah untuk mobilitas dalam kota saja, dan anggota keluargamu pun tidak terlalu banyak, jenis mobil City Car kelihatannya jauh lebih cocok untuk kamu bawa pulang. Karena jenis mobil yang satu ini, memang jauh lebih mudah bermanuver dalam situasi lalu lintas yang cukup padat.

Intinya adalah, kamu harus tetap mengedepankan kebutuhan diatas keinginanmu. Misalnya: jangan memaksakan diri untuk membeli jenis mobil sedan, sekalipun kamu menginginkannya, jika anggota keluargamu ternyata diatas 5 orang. Karena bisa dipastikan kamu tidak akan dapat mengangkut semua anggota keluargamu saat hendak bepergian.

2. Sesuikan anggaran dengan kemampuanmu

Anggaran untuk membeli mobil baru

Jangan paksakan diri untuk segera membeli mobil baru, jika anggaran untuk DP-nya saja belum mampu kamu penuhi. Alangkah lebih bijak untuk menabungnya lebih dulu, sampai anggaran yang kamu miliki benar-benar telah cukup untuk membeli sebuah mobil baru. Siapkan anggaran minimal 20% dari harga mobil yang hendak kamu beli, sebagai uang muka pembayaranmu. Dan jangan pilih DP yang terlampau murah, karena tenornya tentu akan jauh lebih lama.

3. Siapkan juga biaya perawatannya

Perawatan mobil baru

Menyiapkan anggaran untuk DP saja belumlah cukup, karena mobil yang akan kamu beli nanti juga membutuhkan bahan bakar untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya. Selain untuk urusan bahan bakar, kamu juga harus menyiapkan anggaran untuk biaya pemeliharaan atau service rutin, karena biasanya pihak showroom hanya akan memberikan beberapa kali fasilitas service gratis untuk mobil barumu. Dan sekalipun premi asuransi untuk mobil baru jauh lebih murah dari pada premi asuransi untuk mobil bekas, kamu harus tetap memperhitungkannya dalam besaran biaya perawatan yang wajib kamu siapkan.

4. Lakukan “test drive” terlebih dahulu

Test drive mobil baru

Uji coba sebelum pembelian merupakan salah satu hal yang penting untuk kamu lakukan. Karena dengan melakukan uji coba inilah kamu betul-betul dapat mengetahui performa dari mobil yang hendak kamu beli. Bagaimana performanya ketika menikung? Bagaimana dengan kecepatannya? Remnya dan lain sebagainya. Test drive juga bertujuan untuk membuktikan spesifikasi yang tercantum secara langsung. So, sebelum membeli sebuah mobil baru jangan ragu untuk melakukan test drive terlebih dahulu.

5. Tanyakan pada pihak showroom apakah ada promo tertentu yang bisa kamu dapatkan

Promo mobil baru

Dalam momen-momen tertentu, tak jarang pihak showroom memberikan promo berupa cashback atau potongan harga kepada calon pembeli. Jika ada, manfaatkanlah promo tersebut sebaik mungkin.

Nah, itulah 5 hal penting yang harus kamu pertimbangkan sebelum membeli sebuah mobil baru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.