Berikut, 6 Tips yang Bisa Kamu Lakukan untuk Merawat dan Menjaga Daya Tahan Baterai pada Laptopmu

Berikut, 6 Tips yang Bisa Kamu Lakukan untuk Merawat dan Menjaga Daya Tahan Baterai pada Laptopmu

Saat masih baru, baterai laptop umumnya dapat bertahan selama kurang lebih 5 hingga 7 jam tanpa perlu di colok ke aliran listrik. Bahkan beberapa varian laptop teranyar, seperti halnya: Lenovo ThinkPad T480, HP Envy x2, Dell XPS 13, hingga Apple MacBook Pro memiliki daya tahan baterai hingga lebih dar 10 jam.

Namun setelah lama digunakan, seiring berjalannya waktu ~ daya tahan baterai pada laptop yang kita gunakan pun akan semakin berkurang, dan bukan tidak mungkin bisa terus menurun sampai betul-betul nge-drop dan perlu diganti. Nah, untuk menyiasati hal ini, berikut 6 tips yang bisa kamu lakukan untuk merawat dan menjaga daya tahan baterai pada laptopmu:

1. Usahakan untuk selalu men-charge laptop dalam keadaan mati

Usahakan untuk selalu men-charge laptop dalam keadaan mati

Tips pertama untuk merawat baterai laptop adalah dengan selalu men-charge-nya dalam keadaan mati. Hindari kebiasaan untuk men-charge laptop dalam keadaan menyala atau sedang digunakan, dan jangan mencabut charger apabila indikator baterai belum betul-betul penuh.

2. Perkecil Brightness

Perkecil Brightness

Layar laptop merupakan bagian yang paling banyak mengkonsumsi daya baterai. Semakin tinggi brightness atau tingkat kecerahan pada layar laptopmu, maka semakin besar pula daya yang akan digunakan. Jadi, dengan memperkecil brightness, kamu bisa sedikit menghemat peggunaan daya baterai pada laptopmu.

3. Lepas Semua Perangkat Keras dari Laptop (Apabila sedang tidak digunakan)

Lepas Semua Perangkat Keras dari Laptop

Tahukah kamu? kalau hardware yang melekat di laptopmu, seperti halnya Harddisk Eksternal, Flashdisk, DVD, sambungan USB maupun modem, juga membutuhkan daya listrik yang tidak sedikit untuk dapat berfungsi dengan baik. Maka dari itulah, saat sudah selesai menggunakan perangkat keras tersebut, alangkah lebih baik untuk segera melepaskannya dari laptop.

4. Lebih baikHibernate daripada Sleep

Lebih baik Hibernate daripada Sleep

Mengapa? karena dalam mode Hibernate, laptop akan menyimpan data ke tempat penyimpanan dan benar-benar mati (power off). Sedangkan dalam mode sleep, laptop masih mengirim daya ke RAM sehingga tidak benar-benar dalam keadaan power off.  Dan tentu saja, hal itu akan turut mempengaruhi daya tahan dan umur dari baterai laptomu.

5. Matikan Bluetooth dan WiFi (Apabila sedang tidak digunakan)

Matikan Bluetooth dan WiFi

Layaknya ponsel, penggunaan Bluetooth dan WiFi juga akan turut mempengaruhi umur dan daya tahan baterai pada laptopmu. Jadi, saat sedang tidak menggunakannya, alangkah lebih bijak untuk mematikannya terlebih dahulu.

6. Jangan terlalu sering membuka banyak aplikasi secara bersamaan

Jangan terlalu sering membuka banyak aplikasi secara bersamaan

Jika ada aplikasi yang sedang tidak digunakan, alangkah lebih bijak untuk menutupnya terlebih dahulu. Sebab untuk menjalankan sebuah aplikasi, laptopmu membutuhkan kinerja processor yang tidak sedikit, dan secara tidak langsung hal itu dapat pula mempengaruhi daya tahan baterai dari laptop yang kamu gunakan. Bayangkan, jika ada beberapa aplikasi yang kamu buka secara bersamaan, seperti misalnya browser, aplikasi pemutar musik serta aplikasi pengolah gambar, maka berapa banyak konsumsi daya yang akan membebani baterai laptopmu?

Nah, itulah 6 tips yang bisa kamu lakukan untuk merawat dan menjaga daya tahan baterai pada laptopmu