Bunda, Simak Dulu Beberapa Hal Berikut, Sebelum Memberikan MPASI Pada Si Kecil

Posted on

Bunda, Simak Dulu Beberapa Hal Berikut, Sebelum Memberikan MPASI Pada Si Kecil

Setelah genap berusia 6 bulan, bunda bisa mulai memberikan mpasi (makanan pendamping ASI) kepada si kecil. Pemberian mpasi disini bertujuan untuk memenuhi nutrisi tambahan yang dibutuhkan bayi. Karena memasuki usia 6 bulan, kebutuhan nutrisi bayi akan mulai meningkat, sehingga pemberian ASI eksklusif saja tidaklah cukup. Yap, selain ASI, bunda amat dianjurkan untuk mulai memberikan mpasi kepada si kecil. Dan hal terpenting yang perlu bunda perhatikan sebelum memberikan mpasi adalah jangan langsung memberikan mpasi “berbumbu” kepada si kecil. Mengapa demikian? karena diusianya yang baru menginjak 6 bulan, si kecil memang baru mulai belajar makan. Jangan berpikir, bahwa selera makannya akan sama dengan selera makan bunda. Jangan pula beranggapan bahwa si kecil akan “ogah” makan apabila mpasi yang kita berikan hambar atau tidak ada rasanya. Karena sebetulnya, mereka memang belum mengerti rasa.


So bunda, please no gula dan garam apalagi micin sampai si kecil menginjak usia 1 tahun 😀

Lantas mengapa mpasi baru bisa diberikan setelah bayi berumur 6 bulan? Bukankah orang tua kita dulu bahkan sudah memberikan mpasi ketika anaknya baru menginjak usia 4 bulan? Hayo kenapa coba? hehe … Jawabannya adalah karena sistem pencernaan bayi memang belum siap untuk mencerna makanan sebelum usianya genap menginjak 6 bulan. Dan jika tetap dipaksakan, si kecil justru dikhawatirkan akan mengalami gangguan pencernaan. Selain itu, kemampuan motorik bayi pun baru benar-benar siap untuk menelan makanan bertekstur lembut di usianya yang ke-6 bulan. So, jika bunda tetap bersikukuh untuk memberikannya mpasi sebelum waktunya, bisa jadi bayi justru akan tersedak.

Begitupun sebaliknya, bunda di harapkan untuk tidak menunda pemberian mpasi jika bayi sudah berusia 6 bulan. Mengapa demikian? karena pertumbuhan dan perkembangan motorik bayi dikhawatirkan akan terganggu, jika asupan nutrisi yang dibutuhkannya tidak terpenuhi dengan cukup. Selain itu, menunda pemberian mpasi pada bayi yang telah berumur 6 bulan juga akan membuat bayi mulai memilih-milih makanan atau yang lebih kita kenal dengan istilah picky atau picky eater.

Itulah mengapa bunda dianjurkan untuk mulai memberikan mpasi ketika bayi sudah berumur 6 bulan.

MPASI Puree Pisang

Untuk tahap pengenalan, bunda bisa memberikan “pisang kerok” sebagai menu mpasi pertama si kecil. Mengapa pisang? Karena selain mudah didapatkan, buah yang satu ini memang cenderung lebih aman untuk dikonsumsi bayi yang baru mulai belajar makan karena jarang menyebabkan alergi. Pemberian pisang juga dimaksudkan untuk menghindari sembelit dikali pertama bayi mencerna makanan. Eits, tapi jangan langsung dikasih gitu aja ya bun, tambahkan juga ASI/susu formula secukupnya supaya si kecil “nggak kaget-kaget banget”. Hal ini juga bertujuan agar si kecil lebih mudah beradaptasi dengan makanan pertamanya.

Dan ingat bun, ini baru hari pertamanya. So, jangan langsung memberikan pisang kerok 3 kali sehari. Cukup 1 kali sehari dipagi hari. Dan nggak perlu sampai benar-benar habis. Jangan paksakan si kecil menghabiskan 1 buah pisang ambon di kali pertamanya menikmati makanan.

Dan untuk hari kedua serta hari ketiga, usahakan untuk tetap memberikan mpasi berupa “pisang kerok”. Jangan dulu beralih ke menu mpasi lain. Tujuannya, adalah untuk memperkenalkan 1 jenis makanan selama 3 hari berturut-turut tersebut supaya si kecil mulai terbiasa.

MPASI Puree Alpukat

Dihari ke empat hingga hari ke enam, bunda bisa memberikan alpukat kepada si kecil, bunda bisa mengeroknya dan melumatnya atau mem-blendernya, dan jangan lupa untuk tetap menambahkan ASI/Susu Formula secukupnya. Ingat ya bun, jangan ditambah gula apalagi susu kental manis hehe… cukup alpukat dan ASI/Susu Formula saja.

Dan usahakan untuk tetap memberikan mpasi di jam yang sama seperti yang bunda berikan kemarin. Hal ini bertujuan agar si kecil bisa membiasakan dirinya untuk menyantap sarapan pagi hingga dewasa kelak.

MPASI Sayur dan Buah

Dihari yang ke tujuh, bunda bisa mulai memberikan mpasi sebanyak 2 kali sehari. Dan mulailah untuk memperkenalkan menu baru kepada si kecil di jadwal makan keduanya. Bunda bisa memberikan bubur outmeal atau puree buah dan sayur selama 3 hari kedepan.

Terus selang-seling mpasi si kecil jika sudah 3 hari berturut-turut.

Menu MPASI Bayi 6 Bulan

Di hari yang ke-21, mulailah untuk memberikan mpasi sebanyak 3x sehari. Bunda bisa mulai memperkenalkan jenis buah atau sayuran baru seperti wortel, pepaya atau zukini di jadwal makan ketiga si kecil. Berikan menu yang sama hingga hari ke 24

Di hari yang ke-25, bunda bisa mulai memperkenalkan makanan lain yang mengandung protein seperti tahu ataupun ayam yang di blender atau dihaluskan. Lakukan hingga hari yang ke-27

Dihari yang ke-28, kenalkan si kecil dengan jenis makanan baru selama 3 hari kedepan. Dan begitu seterusnya hingga si kecil terbiasa menyantap makanannya dengan terjadwal.

Yang terpenting, jangan dulu campurkan beragam jenis makanan dalam 1 menu mpasi di bulan pertamanya mencerna makanan. Mengapa demikian? supaya kita bisa lebih mudah mengetahui jenis makanan mana yang mungkin saja bisa menyebabkan si kecil mengalami alergi (kalau ada).

Nah, bunda… itulah sedikit pengenalan tentang mpasi (makanan pendamping ASI) yang mungkin bisa membantu bunda. Dan jangan lupa ya bun, tetap pertahankan pemberian ASI/Susu Formula 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.