Ingin Bayar Pajak Motor Secara Online? Ini Caranya!

Ingin Bayar Pajak Motor Secara Online Ini Caranya

Per lima tahun sekali, para pemilik roda dua diwajibkan untuk mengganti “kaleng” atau plat nomer mereka sekaligus memperbaharui pajak kendaraan mereka. Yap, hal ini hanya bisa dilakukan di kantor induk samsat setempat. Karena petugas samsat harus melakukan pemeriksaan fisik kendaraan sekaligus menggesek nomer rangka atau mesin, sebelum memperpanjang STNK dan memperbaharui pajak kendaraan Anda. Maka mau tidak mau, Anda harus meluangkan waktu khusus untuk melakukan hal ini.

Cara Bayar Pajak Motor Tahunan

Berbeda dengan pajak lima tahunan, yang hanya dapat diperpanjang di kantor induk samsat. Pajak tahunan kendaraan bermotor bisa diperpanjang dengan lebih fleksibel, baik melalui gerai-gerai samsat maupun secara online. Ingin tahu bagaimana caranya? mari simak penjelasan dibawah ini

1. Bayar pajak motor Melalui Gerai Samsat

Sumber gambar: https://ibenimages.files.wordpress.com/

Anda hanya perlu meluangkan waktu kurang dari 30 menit untuk memperbaharui pajak kendaraan Anda melalui gerai samsat. Yap, proses perpanjangan pajak motor di gerai samsat bisa dikatakan cukup cepat. Bahkan prosesnya pun bisa dikatakan cukup sederhana. Anda cukup mendatangi loket pendaftaran untuk menyerahkan berkas kendaraan Anda. Berkas disini meliputi KTP (asli dan fotokopi), STNK (asli dan fotokopi), serta BPKB (dibeberapa wilayah yang memang mensyaratkannya, seperti DKI Jakarta). Maka petugas akan memeriksanya sebentar dan mengembalikan KTP serta BPKB aslinya (jika diminta), serta mempersilahkan Anda untuk menunggu. Jika proses perpanjang pajak motor sudah selesai, Anda akan dipanggil oleh petugas samsat di loket pembayaran, untuk menyelesaikan kewajiban pajak Anda, dan mengambil kembali seluruh berkas kendaraan yang telah di perbaharui.

2. Bayar pajak motor secara Online

Sumber gambar: https://bprd.jakarta.go.id/

Akhir tahun lalu, pemerintah berusaha menjawab kebutuhan masyarakat dengan meluncurkan aplikasi Samolnas alias Samsat Online Nasional. Melalui aplikasi ini, masyarakat diharapkan dapat melunasi pajak kendaraan mereka tanpa perlu susah payah datang ke kantor samsat, maupun gerai-gerai samsat yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Namun sayangnya, aplikasi ini belum dapat kita manfaatkan kembali. Karena hingga kini, aplikasi samolnas masih dalam pemeliharaan sistem.

Namun jangan dulu khawatir, karena bayar pajak motor online masih dapat Anda lakukan melalui e-SAMSAT. Yap, ada beberapa bank, marketplace, hingga gerai minimarket yang telah berafiliasi langsung dengan samsat setempat untuk mengakomodir hal ini. Untuk proses pembayaran melalui ATM misalnya, Anda hanya perlu memilih menu e-SAMSAT, dan mengikut instruksi yang diberikan hingga selesai. Begitupula dengan pembayaran melalui marketplace maupun gerai minimarket. Nantinya, Anda akan mendapatkan stuk yang berfungsi sebaga e-pengesahan. Sayangnya untuk mendapatkan pengesahan STNK kita tetap harus mendatangi samsat keliling atau gerai samsat terdekat untuk menukarkan struk atau e-Pengesahan yang telah kita dapatkan tadi. Karena hingga saat ini, memang belum tersedia layanan pengantaran berkas secara langsung ke alamat pemilik kendaraan.

Cara bayar pajak motor online yang terakir adalah melalui SEVA.ID. SEVA.ID sendiri merupakan produk marketplace yang diluncurkan oleh PT Astra Digital Internasional. Di SEVA.ID Anda tidak perlu lagi menukarkan struk atau e-PENGESAHAN ke gerai samsat terdekat. Anda cukup mengisi seluruh data yang diminta beserta foto STNK dan KTP. Nantinya, Pihak SEVA.ID lah yang akan mengurus seluruh proses perpanjangan pajak kendaraan Anda, dan mengirimkan lembar pajak serta pengesahan STNK Anda melalui kurir yang bertugas.

Nah, pilihan ada ditangan Anda, ingin membayarnya secara langsung melalui gerai-gerai samsat terdekat. Atau membayarnya secara online melalui mesin ATM, Marketplace, Gerai minimarket maupun SEVA.ID. Sebagai warga negara yang baik, jangan lupa untuk terus menunaikan kewajiban pajak Anda tepat waktu 🙂

Leave a reply:

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Site Footer