Ingin Liburan ke Yogyakarta? Ini 3 Destinasi Wisata Keluarga Yang Wajib Anda Kunjungi

Liburan Keluarga Ke Yogyakarta
Liburan Keluarga Ke Yogyakarta

Momen berlibur bersama dengan seluruh anggota keluarga, merupakan saat yang paling dinanti-nanti oleh setiap orang. Terutama di penghujung tahun seperti sekarang ini. Sebab di momen-momen seperti inilah, keakraban yang sempat kendur karena kesibukan dan rutinitas dari masing-masing anggota keluarga, dapat terjalin kembali. Para orang tua misalnya, setelah cukup sibuk dengan beragam urusan kantor serta deadline pekerjaan yang amat menyita waktu, dipenghujung tahun seperti sekarang ini, mereka dapat sedikit menghirup udara segar dengan mengambil cuti akhir tahun untuk berlibur bersama dengan anak-anak mereka.

Dan tentu saja, di momen-momen seperti inilah, quality time antara orang tua dan anak dapat kembali tercipta. Yap quality time, sebuah hal sederhana yang sebetulnya merupakan faktor terpenting bagi tumbuh kembang si kecil, karena menurut Roslina Verauli yang merupakan seorang psikolog keluarga, seorang anak dapat dikatakan memiliki pertumbuhan yang baik, jika anak tersebut dapat memperlihatkan rasa empatinya kepada orang lain, cepat tanggap dan tidak berusaha mendominasi ketika bermain bersama dengan teman-temannya. Dan ketiga karakter positif tersebut hanya akan nampak pada anak-anak yang sering menghabiskan “quality time” bersama dengan orang tua mereka. So, menjelang momen pergantian tahun yang tinggal sebentar lagi, tidak ada salahnya untuk mulai mempersiapkan rencana berlibur bersama dengan keluarga kecil Anda. Sebab bisa jadi, momen-momen seperti inilah yang justru akan terus mereka (anak-anak Anda) kenang, bahkan hingga mereka dewasa kelak.

Tak perlu menyiapkan rencana berlibur yang terlalu jauh hingga ke luar negri, karena di negeri sendiripun, ada beragam destinasi seru yang dapat Anda jelajahi bersama dengan si kecil. Ke Yogyakarta misalnya, dikota istimewa yang satu ini. Anda dapat mengunjungi beragam destinasi wisata keluarga, yang ramah anak. Apa sajakah itu? mari kita jelajahi satu-persatu.

1. Kampoeng Dolanan Pandes di Bantul

Kampoeng Dolanan Pandes di Bantul
Kampoeng Dolanan Pandes di Bantul – Image by @satriawan_wijanarka

Tahukah Anda? di daerah Bantul ada sebuah desa kecil bernama Desa Pandes yang biasa dijuluki sebagai Kampoeng Dolanan atau kampung bermain oleh warga sekitar. Di Kampoeng Dolanan ini, Anda dapat mengulang sekaligus memperkenalkan keseruan dunia masa kecil Anda kepada si kecil lewat beragam jenis permainan tradisional yang biasa Anda mainkan dulu. Seperti congklak, egrang atau jangkungan, angkrek, bahkan hingga permainan yang amat populer dimasa lampau, seperti petak umpet. Wah, seru bukan? Si kecil bahkan dapat mulai belajar beradaptasi dengan lingkungan dan teman-teman barunya, sambil bermain bersama.

Oiya, sebelum gempa bumi mengguncang Yogyakarta pada tahun 2006 silam, Desa Pandes sebetulnya sudah lebih dulu dikenal sebagai sentral atau pusat pembuatan mainan tradisional anak, itulah mengapa ditempat ini anak-anak yang datang untuk berkunjung tidak hanya akan diajak untuk bermain saja, namun lebih jauh merekapun akan diajak untuk turut serta dalam proses pembuatan mainan tradisional yang bisa mereka buat sendiri bersama dengan para pengrajin lokal didesa ini.

Less gadget more happy, right? 😇

So, jangan lupa ajak anak Anda mampir kesini ya, jika nanti ke Yogyakarta.

2. Taman Pintar di Jalan Panembahan Senopati

Taman Pintar di Jalan Panembahan Senopati
Taman Pintar di Jalan Panembahan Senopati – Image By @mrs_debss

Liburan Keluarga ke Yogyakarta, akan terasa kurang lengkap sebelum mengunjungi lokasi wisata edukasi yang satu ini, Yap, Taman Pintar. Destinasi wisata yang terletak dipusat kota ini memang selalu ramai dipadati oleh para wisatawan, khususnya mereka yang sedang berlibur ke Yogyakarta dengan membawa serta buah hati mereka.

Karena selain mudah dijangkau dan dekat dengan Malioboro, ditempat ini anak-anak Anda akan diajak belajar dengan cara yang amat menyenangkan, yakni dengan mencoba sendiri berbagai alat peraga yang dirancang secara interaktif dengan menggunakan teknologi digital.

So, dengan mengajak anak-anak Anda berkunjung ke tempat ini, secara tidak langsung, sebetulnya Anda sedang menumbuhkan rasa ketertarikan mereka pada bidang ilmu yang mempelajari tentang sains dan teknologi di sekolah mereka.

Gimana? Seru kan?

3. Kebun Binatang Gembira Loka di Kotagede

Kebun Binatang Gembira Loka di Kotagede
Kebun Binatang Gembira Loka di Kotagede – Image by @bowo_bontot

Siapa sih yang nggak suka sama binatang? Apalagi kalau binatang-binatang itu bisa kita lihat secara langsung di alam terbuka alias di habitatnya langsung. Pastinya bakal seru banget kan?

Nah, dengan mengunjungi Kebun Binatang Gembira Loka, selain berwisata Anda dapat sekaligus memperkenalkan dunia flora dan fauna alias dunia binatang dan tumbuh-tumbuhan kepada anak-anak Anda. Jika selama ini, mereka hanya dapat membayangkan atau melihatnya lewat layar kaca, di Gembira Loka, mereka dapat langsung melihatnya dengan mata mereka sendiri. Anda bahkan dapat mengajak anak-anak Anda untuk mengelilingi sebagian kecil areal kebun binatang dengan menumpangi punggung gajah. Bukan hanya itu, Anda juga dapat mengajak anak-anak Anda untuk berkeliling danau dengan menaiki kapal kayuh atau kapal penumpang untuk memperkenalkan jenis transportasi air kepada mereka.

So, jika ingin membuat Liburan Keluarga ke Yogyakarta Anda semakin berkesan bagi anak-anak Anda, jangan sampai lupa untuk mengunjungi ketiga tempat wisata diatas ya 😉

Happy Holiday….😎

Leave a reply:

Your email address will not be published.