Ingin Mulai Menabung di Bank? Berikut, 3 Tips Sederhana yang Mungkin dapat Membantumu

Ingin Mulai Menabung di Bank - Berikut, 3 Tips Sederhana yang Mungkin dapat Membantumu

Credit Image: bumn.go.id

Semakin pesatnya dunia teknologi tak ayal membuat hal-hal tertentu menjadi semakin lebih mudah untuk kita lakukan. Tak terkecuali dalam hal berkirim dan menerima uang. Jika dulu, kita hanya bisa melakukannya via teller bank, mesin ATM ataupun SMS Banking, kini kita bisa melakukannya secara online lewat internet banking. Bahkan jika dulu, kita harus terbebani dengan biaya transfer antar bank yang bisa dikatakan cukup besar per sekali transaksi. Kini kita bisa memanfaatkan berbagai layanan pihak ketiga untuk berkirim uang antar bank tanpa biaya admin sama sekali. Belum lagi, kehadiran e-wallet atau dompet digital sedikit banyak juga telah mempengaruhi kebiasaan banyak orang untuk mulai meninggalkan cara-cara konvensional dalam berbagai transaksi jual beli yang mereka lakukan. Misalnya, dalam hal pembelian tiket masuk untuk sebuah event tertentu yang hanya bisa dilakukan dengan menggunakan layanan dompet digital tertentu pula.

Sayangnya, masih ada saja orang-orang yang justru tetap memilih untuk menyimpan atau menabung uang mereka dirumah, entah dalam wadah apapun itu dan dengan alasan apapun itu. Yap, bahkan di era digital seperti saat ini. Padahal menabung di bank, bisa dikatakan jauh lebih minim resiko dan lebih aman dari hal-hal tak terduga seperti bencana banjir ataupun kebakaran. Nah, jika kamu termasuk satu diantara sekian banyak orang yang masih memilih untuk menabung atau menyimpan uangmu dirumah. Tak ada salahnya untuk mulai merubah kebiasaan tersebut. Tak salah memang untuk memiliki sejumlah besar uang dalam bentuk cash. Namun alangkah jauh lebih bijak untuk memegang uang cash seperlunya saja dan menyimpan sisanya di bank. Toh jika sewaktu-waktu kamu membutuhkannya kamu tinggal menyambangi mesin ATM yang bahkan telah tersedia di berbagi gerai minimarket yang ada disekitarmu. Buat kamu yang merasa masih cukup awam dengan hal ini, berikut beberapa Tips Menabung di Bank yang mungkin bisa membantumu mendapatkan sedikit gambaran.

1. Pilihlah Bank yang menerapkan setoran awal yang tergolong cukup ringan dan tidak membebanimu

Pilihlah Bank yang menerapkan setoran awal yang tergolong cukup ringan dan tidak membebanimu

Tak dapat dipungkiri, ada beberapa bank yang memang menerapkan setoran awal yang tergolong cukup besar. Sekalipun dengan kelebihan-kelebihan tertentu yang bisa dikatakan cukup sepadan. Semisal bebas biaya admin, dan lain sebagainya. Namun hal inilah, yang biasanya justru menghalangi niat sebagian orang untuk menabung di bank. Padahal, jika saja kamu mau lebih jeli dalam mencari. Sebetulnya, ada lho bank lain yang setoran awalnya tegolong cukup ringan. Sebuat saja BRI Simpedes yang hanya mewajibkanmu untuk memberikan setoran awal sebesar Rp 100.000,- atau BRI BritAma yang hanya mewajibkanmu untuk memberikan setoran awal sebesar Rp 250.000,- (termasuk asuransi didalamnya).

2. Pilihlah Bank yang memiliki banyak jaringan ATM

Pilihlah Bank yang memiliki banyak jaringan ATM

Credit Image: www.detikepri.com

Tips Menabung di Bank yang selanjutnya adalah dengan memperhitungkan berapa banyak jaringan ATM yang dimiliki oleh bank tersebut. Hal ini menjadi cukup penting, agar ketika kamu bepergian ke luar kota kamu tetap dapat menemukan mesin-mesin ATM yang bisa kamu gunakan untuk melakukan tarik tunai atau apapun itu tanpa biaya sama sekali. Dan lagi-lagi BRI masih menempati posisi puncak dalam hal jaringan ATM terbanyak di seluruh Indonesia. Kamu bahkan bisa menggunakan mesin ATM yang memiliki logo Link atau ATM Bersama untuk melakukan seluruh aktivitas finansialmu, seperti tarik tunai maupun transfer uang ke rekening lain.

3. Pilihlah Bank yang sudah mendukung fasilitas internet banking

Pilihlah Bank yang sudah mendukung fasilitas internet banking

Credit Image: www.susahsinyal.com

Kalau bisa melakukan transfer uang atau membayar tagihan dari rumah, buat kita harus keluar rumah untuk mencari mesin ATM terdekat. Begitu kira-kira logika yang bisa kamu terapkan untuk menggambarkan hal ini. Yap, jika bank dimana kamu menabung telah mendukung fasilitas internet banking, beberapa aktivitas finansial seperti cek saldo, berkirim uang serta membayar tagihan bisa langsung kamu lakukan dari rumah. Kamu hanya membutuhkan token untuk melakukan seluruh transaksi tersebut. Dan lagi-lagi, enaknya menabung di BRI adalah kamu tidak membutuhkan token fisik untuk mendapatkan kode token. Kamu hanya perlu mendaftarkan nomer hp-mu saat pertama kali membuka tabungan, dan nomer hp itulah yang nantinya akan digunakan untuk mengirimkan sms berupa kode token dalam setiap transaksi yang hendak kamu lakukan.Simple bukan? 

Yap, itulah 3 Tips Menabung di Bank yang mungkin dapat membantumu.