Inilah, 5 Hal Penting yang Harus Kamu Perhatikan Saat Hendak Membeli Sebuah Mobil Bekas

Tips Saat Hendak Membeli Sebuah Mobil Bekas

Jika cukup jeli, sebetulnya kamu bisa mendapatkan mobil bekas dengan kualitas yang masih sangat prima. Karena tak semua mobil bekas identik dengan kata “bobrok”. Ada banyak unit mobil bekas jakarta murah yang secara kualitas masih sangat mumpuni dan layak untuk digunakan sehari-hari. Karena itulah, membeli mobil bekas sebetulnya merupakan pilihan yang cukup bijak.

Mengapa demikian? pertama, karena mobil bukan sebuah produk investasi. Berbeda dengan tanah atau properti yang kian lama kian mahal. Harga jual mobil justru akan semakin menurun setelah kita gunakan selama bertahun-tahun. Dan yang kedua adalah karena pajak mobil yang akan terus meningkat dari tahun ke tahun. Tentu, ditengah kondisi pandemi seperti saat ini besaran pajak mobil menjadi salah satu faktor yang harus ikut kita pertimbangkan saat hendak membeli sebuah mobil.

Tips Membeli Mobil Bekas

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan jika ingin membeli sebuah mobil bekas. Terutama ditengah maraknya iklan mobil bekas jakarta yang mulai membanjiri timeline media sosial kita.

1. Tanyakan Sejarah Mobil Tersebut

Tanyakan dengan jelas, apakah mobil tersebut pernah mengalami tabrakan atau terendam banjir? Tanyakan juga apakah mobil tersebut merupakaan hasil sitaan atau bukan? Dan yang terakhir, pastikan bahwa mobil tersebut dulunya bukan merupakaan mobil sewaan. Hal ini penting supaya kamu tidak hanya berpatokan pada harga yang cukup miring.

2. Minta Catatan Service-nya

Salah satu cara terbaik untuk mengetahui kondisi sebuah mobil bekas adalah dengan melihat catatan service-nya. Berbekal catatan service ini, kamu bisa mengetahui seberapa rutin mobil tersebut di service? dimana biasanya mobil tersebut melakukan service atau perawatan rutin? dan beberapa informasi lain terkait kondisi mobil.

3. Periksa Kelengkapan Dokumennya

Sebelum melakukan pengecekan fisik, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memeriksa kelengkapan dokumennya. Cek STNK dan BPKB-nya, lalu cocokkan dengan nomor rangka serta nomor mesin mobil tersebut. Dan pastikan juga bahwa nama yang tertera pada STNK dan BPKB mobil tersebut adalah nama asli pemiliknya. Supaya jika sewaktu-waktu kamu ingin melakukan “balik nama”, kamu tidak akan kesulitan meminjam semua dokumen pendukung termasuk fotocopy KTP pemilik sebelumnya.

4. Cek Kondisi Mesin

Untuk melakukan hal ini, kamu dianjurkan untuk membawa seorang mekanik atau teman yang memang mengerti tentang mesin. Namun jika terpaksa harus melakukan hal ini seorang diri. Kamu bisa memperhatikan suara mesinnya, apakah terdengar kasar atau tidak? Buka juga bagian kap-nya untuk melihat-lihat kondisi mesin. Dan jangan lupa untuk mengecek bagian bawah untuk mengetahui apakah ada kebocoran pada komponen mesin atau tidak.

5. Lakukan Test Drive

Dan yang terakhir, lakukan test drive dengan mobil tersebut. Karena biasanya, kondisi mesin baru dapat dinilai setelah dikendarai secara langsung dijalan raya. Kamu bisa mulai menilai, seberapa nyaman mobil tersebut saat dikendarai? Dan bagaimana kondisi mesinnya.

Nah, itulah 5 hal yang harus kamu perhatikan saat hendak membeli sebuah mobil bekas.

Leave a reply:

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Site Footer