Inilah, 7 Hal Penting Yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Mengajukan Pinjaman Online

Posted on

CekAja.com Pinjaman Online Terpercaya

Mengajukan pinjaman online merupakan salah satu solusi terbaik yang bisa kamu pertimbangkan dalam keadaan-keadaan yang cukup genting, dimana keadaan tersebut menuntutmu untuk segera mendapatkan uang dalam jumlah tertentu dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Beberapa keadaan tak terduga tersebut antara lain, adalah: saat kamu membutuhkan dana yang cukup besar untuk biaya persalinan istrimu maupun pada saat tahun ajaran baru, dimana kamu membutuhkan uang yang tidak sedikit untuk membiayai sekolah anak-anakmu.


Namun diluar berbagai kebutuhan tak terduga tersebut, sebetulnya tidak ada yang melarangmu untuk mengajukan KTA Online untuk beragam kebutuhan lain, semisal untuk tambahan biaya resepsi pernikahanmu yang akan berlangsung dalam waktu dekat, untuk melakukan renovasi besar-besaran terhadap rumah tinggalmu yang sudah puluhan tahun tidak di pugar, untuk melanjutkan studi-mu ke jenjang yang lebih tinggi, bahkan untuk mendapatkan dana segar bagi bisnis yang ingin kamu kembangkan.

Namun, sebelum memutuskan untuk melakukan pinjaman, simak dahulu beberapa hal penting berikut ini:

1. Sesuaikan dengan kebutuhanmu

Sesuaikan dengan kebutuhanmu

Salah satu penyebab banyak orang terjebak kredit macet adalah karena mereka meminjam uang melebihi batas kebutuhan bahkan kemampuan mereka dalam melunasinya. Padahal hal terpenting yang harus kamu pikirkan sebelum memutuskan untuk melakukan pinjaman online adalah kondisi finansialmu sendiri. Karena tidak mungkin seluruh gaji bulananmu hanya akan kamu alokasikan untuk mencicil biaya angsuran saja. Maka dari itulah sebelum melakukan pinjaman, hitung dahulu berapa besaran uang yang biasa kamu habiskan untuk memenuhi seluruh kebutuhan pokokmu seperti, biaya makan, listrik, internet bulanan, sekolah anak, dan lain-lain. Jika sudah, sisihkan lagi sebagian gajimu untuk dana cadangan. Nah, dari sini kamu akan mulai bisa mengira-ngira berapa besaran angsuran yang sanggup untuk kamu bayarkan setiap bulannya. Dan hal inilah yang nantinya dapat membantumu untuk menentukan besaran plafon pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuanmu.

2. Lakukan perbandingkan suku bunga dari masing-masing lembaga keuangan yang menawarkan pinjaman online

Lakukan perbandingkan suku bunga dari masing-masing lembaga keuangan

Umumnya, besaran suku bunga pinjaman yang ditetapkan oleh masing-masing lembaga keuangan memiliki angka yang bervariasi. Dan disinilah kamu dituntut untuk lebih jeli dalam membandingkan dan lebih bijak dalam memilih serta menentukan pada lembaga keuangan mana, kamu akan melakukan pinjaman. Mengapa demikian? karena besarnya angsuran yang harus kamu bayarkan setiap bulannya, salah satunya bergantung pada seberapa besar suku bunga yang di tentukan oleh lembaga keuangan yang meminjamkan uangnya kepadamu.

3. Cari tahu juga apakah ada biaya lain yang harus kamu bayarkan selain suku bunga

Cari tahu juga apakah ada biaya lain yang harus kamu bayarkan selain suku bunga

Jangan hanya terpaku pada suku bunga yang rendah, karena biasanya masing-masing lembaga keuangan telah menentukan jenis biaya tertentu diluar suku bunga yang harus dibayarkan peminjam sebagai bentuk balas jasa. Entah itu biaya administrasi, biaya provisi setelah pinjaman di setujui oleh pihak peminjam, biaya asuransi, bahkan biaya keterlambatan angsuran dan beragam biaya lain yang ditentukan oleh pihak peminjam. Sebisa mungkin carilah lembaga peminjam yang hanya mensyaratkan sedikit jenis biaya lain diluar suku bunga.

4. Perhatikan syarat-syarat apa saja yang harus kamu penuhi

Perhatikan syarat-syarat apa saja yang harus kamu penuhi

Salah satu alasan mengapa banyak orang lebih tertarik untuk mengajukan pinjaman secara online ketimbang mengajukan pinjaman ke bank adalah karena persyaratannya yang tidak terlalu berat. Bahkan beberapa lembaga keuangan ada yang hanya mensyaratkan KTP dan KK sebagai jaminan. Namun satu hal yang harus kamu ketahui adalah, besaran suku bunga yang akan dibebankan peminjam kepadamu salah satunya akan bergantung pada nilai aset yang akan kamu jadikan sebagai jaminan. Itulah mengapa, jika hanya KTP dan KK saja yang akan kamu jadikan sebagai jaminan, bisa dipastikan bahwa suku bunga yang akan dibebankan pada angsuranmu akan menjadi semakin besar. Dan sebaliknya, semakin besar nilai aset yang kamu jadikan sebagai jaminan, akan semakin kecil pula suku bunga yang di bebankan pihak peminjam kepadamu, karena hal itu berbanding lurus pada tingkat resiko yang mungkin terjadi.

5. Carilah lembaga peminjam yang terdaftar di OJK

OJK

Salah satu cara termudah untuk menentukan sebarapa baik reputasi dari sebuah lembaga keuangan adalah dengan mencari tahu apakah lembaga keuangan tersebut sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) atau belum. Mengapa demikian? karena hanya lembaga-lembaga keuangan yang terdaftar di OJK lah yang akan terus diawasi oleh pemerintah supaya tidak merugikan masyarakat.

6.  Carilah ulasan dari para peminjam lain yang telah lebih dulu meminjam

Ulasan Positif dari Peminjam Lain

Saat hendak berbelanja secara online, hal pertama yang akan kita perhatikan bukanlah seberapa murah harga dari produk yang akan kita beli, namun berapa banyak ulasan positif dari para pembeli untuk toko online tersebut. Atau dengan kata lain bagaimana reputasi toko online tersebut dalam beberapa bulan terakhir ini. Nah, hal yang sama juga berlaku ketika kamu ingin mengajukan pinjaman online. Jangan hanya terpaku pada persyaratan yang mudah serta suku bunga yang rendah. Cari tahu juga bagaimana reputasi mereka di mata para peminjam yang melakukan peminjaman sebelum kamu.

7. Sebelum meminjam, gunakan menu atau fasilitas simulasi yang terdapat pada website masing-masing lembaga keuangan.

Simulasi Pinjaman Online

Setiap lembaga keuangan yang memberikan pinjaman secara online, pastilah memiliki sebuah website khusus yang menyediakan menu atau fasilitas simulasi untuk mengkalkulasi besaran angsuran yang harus kamu bayarkan setiap bulannya. Misalnya, jika kamu meminjam uang dalam jumlah sekian dengan bunga sekian dalam jangka waktu sekian bulan, maka yang harus kamu bayarkan setiap bulannya adalah sebesar sekian.

Nah, jangan lupa untuk terlebih dahulu memanfaatkan fitur ini, agar sebelum mengajukan pinjaman online kamu sudah memiliki sedikit gambaran, berapa besar kira-kira angsuran yang harus kamu bayarkan setiap bulannya jika kamu meminjam uang dalam jumlah sekian.

Dan buat kamu yang membutuhkan rekomendasi lembaga keuangan terpercaya yang bisa menjawab serta memberikan solusi untuk beragam kebutuhan finansialmu. Kamu bisa langsung meng-klik tautan berikut: https://www.cekaja.com/kredit/pinjaman-online. Di CekAja.com kamu bisa mendapatkan berbagai tips menarik seputar dunia keuangan, bahkan sebelum mengajukan pinjaman, kamu bisa lebih dulu melakukan simulasi pinjaman online melalui tautan tersebut. Dan jika masih ragu, ada nomer-nomer bantuan yang bisa kamu hubungi yang akan selalu siap untuk menjawab seluruh pertanyaanmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.