Kebutuhan Terbesar Akan Listrik Dalam Kegiatan Industri

Posted on

Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Salah satu sektor perekonomian terbesar di Indonesia adalah dalam bidang industri. Hal ini terbuti dari banyaknya pabrik pabrik besar yang didirikan di beberapa wilayah di indonesia. Ada banyak sekali kegiatan industri yang beroperasi di Indonesia. Dari mulai industri konveksi hingga industri makanan bahkan rakitan kendaraan. Pabrik pabrik berskala besar itu rata rata sudah menggunakan mesin dalam memproduksi barangnya. Maka secara otomatis, setiap pabrik membutuhkan daya listrik yang besar dalam kegiatan industri. Sehingga pemerintah kemudian bekerja sama dengan pihak swasta untuk menyediakan alternatif pembangkit listrik guna memasok kebutuhan listrik dalam kegiatan industri. Yaitu pembangkit listrik tenaga surya. Lalu apa saja sih yang menjadi kebutuhan industri akan listrik itu? Di antaranya adalah sebagai berikut :


1. Operasional mesin

Operasional mesin Industri

Perkembangan mesin industri memang sangat pesat. Dari mulai mesin manual yang tidak banyak menggunakan listrik, bahkan hanya menggunakan bahan bakar lain, seperti minyak solar. Hingga sekarang yang segalanya serba canggih. Dimana mesin sudah dapat dioperasikan dengan komputer. Sungguh praktis bukan? namun masalahnya, komputer tersebut hanya akan menyala jika ada aliran listrik. Selain itu jumlah mesin dalam suatu pabrik sudah barang tentu tidak hanya satu, selain mesin untuk produksi, mesin seperti pendingin ruangan dan mesin operasional lainnya juga membutuhkan daya listrik. Dan dalam hal inilah, daya listrik terbesar akan digunakan untuk kegiatan industri.

2. Lampu

Lampu dalam Kegiatan Industri

Pabrik-pabrik di Indonesia kebanyakan akan beroperasi selama 24 jam. Itu artinya sekitar setengah hari di dalam pabrik, seluruh aktivitas produksi akan berlangsung dengan menggunakan bantuan lampu sebagai alat penerang. Bahkan tidak sedikit pabrik yang menyalakan lampu-lampunya selama seharian penuh atau 24 jam demi optimalisasi kenyamanan pekerja dalam bekerja. Hal ini pulalah yang menguras daya listrik dalam kegiatan industri.

3. Kebutuhan karyawan

Kebutuhan Listrik Untuk Karyawan Pabrik

Dan sisanya akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan karyawan, seperti penyediaan pasokan air besih dengan mesin penyedot air, dan lain lain.

Nah, itulah beberapa hal dalam kegiatan industri yang membutuhkan pasokan daya listrik yang besar.  Maka dari itulah sistem otomatisasi pembangkit listrik tenaga surya diciptakan sebagai solusi listrik untuk industriPerusahaan yang menyediakannya adalah perusahaan sewatama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.