Kenali Jenis dan Fungsi Dana Asuransi Pensiun untuk Masa Depan

Kenali Jenis dan Fungsi Dana Asuransi Pensiun untuk Masa Depan

Sebagai upaya untuk mensejahterakan para pensiunan, maka hadirlah dana pensiun. Dana pensiun ini hadir untuk memenuhi kebutuhan pensiunan yang telah memasuki usia lanjut dimana mereka sudah tidak dapat lagi bekerja karena faktor kesehatan. Padahal kebutuhan sehari-hari, masih perlu untuk dipenuhi. Untuk itulah, banyak perusahaan asuransi di Jakarta yang menawarkan dana pensiun sebagai produk yang wajib untuk dimiliki sebagai bekal menyongsong masa depan dan masa tua yang sejahtera.

Jenis-jenis dana pensiun

Jenis-jenis dana pensiun

Dalam perkembangannya, dana pensiun terdiri dari 3 jenis. Hal ini berdasarkan UU No. 11 tahun 1992, yakni sebagai berikut:

1. Dana pensiun pemberi kerja

Dana pensiun jenis ini merupakan dana pensiun yang diselenggarakan oleh suatu perusahaan tempat karyawan bekerja. Ini bertujuan sebagai upaya tanggungjawab perusahaan untuk mensejahterakan karyawannya yang telah lama mengabdi di perusahaan.

2. Dana pensiun lembaga keuangan

Perusahaan asuransi di Indonesia menawarkan produk dana pensiun bagi mereka yang masuk pada kategori ini. Mekanisme serta prosedur pengajuan dana pensiun ini tentu berbeda dengan yang diselenggarakan perusahaan pemberi kerja. Namun, dari segi tujuan sama.

3. Dana pensiun berdasarkan keuntungan

Jenis dana pensiun ini merupakan dana pensiun yang diselenggarakan oleh pihak pemberi kerja dengan program iuran pasti yang mana memberi keuntungan tidak hanya untuk penerima melainkan juga pemberi.

Fungsi dana pensiun

Fungsi Utama Dana Pensiun

Program dana pensiun memiliki fungsi yang beragam, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Sebagai asuransi

Pada dasarnya program dana pensiun mengusung azas kebersamaan sama seperti halnya asuransi. Untuk itu, program dana pensiun juga memiliki kemiripan fungsi seperti program asuransi.

2. Sebagai tabungan

Pada program dana pensiun, uang yang terkumpul dianggap sebagai iuran peserta yang mana iuran tersebut memiliki fungsi yang sama seperti program tabungan sehingga bisa dicairkan kapanpun sesuai dengan kesepakatan di awal.

3. Mencukupi kebutuhan hidup para pensiunan

Yang ketiga tentu saja fungsi murni dari dana pensiun, yakni memberikan kelangsungan pendapatan kepada setiap pensiunan setelah mereka dinyatakan pensiun bekerja.

Masa tua adalah masa dimana mereka dapat menikmati hasil jerih payahnya ketika usia muda dulu. Untuk itu, penting adanya dana pensiun untuk keberlangsungan hidup para pensiunan.

Generali merupakan perusahaan yang tidak hanya bergerak di bidang asuransi melainkan juga investasi. Generali menawarkan produk tabungan pensiun yang paling menguntungkan bagi Anda yang ingin masa tua tetap tercukupi kebutuhannya. Karena itu, tidak perlu ragu lagi segera bergabung dengan Generali sebagai solusi asuransi Anda.