Ini Dia, Tips Menyelaraskan Gaun Pernikahan dengan Bentuk Tubuh Anda

Wedding Dress
Wedding Dress

Salah satu kegiatan yang paling menyenangkan bagi sebagian besar calon pengantin wanita adalah berburu gaun pengantin. Karena sebagian besar calon mempelai wanita, pastilah mendambakan penampilan bak seorang puteri dengan gaun pernikahan yang super cantik dan menawan di Hari Bahagianya.

Namun, yang perlu diperhatikan adalah, memilih gaun pengantin tidak cukup hanya dengan memperhatikan sisi desainnya saja, karena selain soal desain, keselarasan gaun pengantin dengan bentuk tubuh sang calon mempelai wanita, menjadi faktor penting lain yang turut mendukung penampilannya di atas pelaminan.

Maka dari itulah, diluar masalah desain, anda sangat disarankan untuk memilih gaun pernikahan yang benar-benar terasa nyaman ketika dikenakan. Tujuannya? jelas, untuk memberikan rasa percaya diri ketika anda mengenakannya nanti. Karena untuk moment spesial ini, anda dipastikan akan mengenakannya lebih dari 1 jam. Nggak percaya? silahkan buktikan 🙂

Nah,  Beberapa Tips singkat untuk Menyelaraskan Gaun Pernikahan dengan Bentuk Tubuh Anda berikut ini, mungkin dapat sedikit membantu memberikan gambaran dan referensi menjelang Hari Bahagia anda bersama pasangan:

Bentuk Dada

Tidak semua wanita memiliki bentuk dada yang penuh. Ada juga wanita yang memiliki bentuk dada sedang atau bahkan cukup kecil. Maka dari itulah, untuk menunjang penampilan Anda ketika acara perhelatan nanti, pilihlah gaun pernikahan yang dapat ‘menyempurnakan’ kekurangan Anda di bagian tersebut.

Gaun yang harus dipertimbangkan:  Pertimbangkanlah gaun pernikahan yang dapat memberi aksen positif di bagian dada dengan bahan yang kuat untuk menopang bagian tersebut, seperti bra yang baik atau sebuah korset untuk meminimalkan lekuk tubuh Anda, dengan cara menyeimbangkan gaun bagian atas dengan rok penuh dibagian bawah.

Gaun yang harus dihindari: Dan berhati-hatilah dengan gaun yang sedari awal memang dirasa tidak terlalu nyaman ketika dikenakan atau terlalu banyak menggunakan aksesoris. Karena hal tersebut justru akan membuat para tamu undangan lebih terfokus pada gaun Anda dibandingkan penampilan Anda secara keseluruhan. Maka dari itulah, ketika mencoba gaun pengantin, jangan lupa untuk melakukan beberapa gerakan seperti, berputar atau melangkah ke sana kemari untuk memastikan bahwa gaun tersebut memang cukup nyaman untuk dikenakan.

Bahu yang bidang

Jika bentuk tubuh Anda terkesan seperti atlet renang, lengkap dengan bagian bahu yang cukup bidang. Maka perhatikanlah hal berikut ini:

Gaun yang harus dipertimbangkan: Pertimbangkan gaun pengantin yang memiliki model garis leher halter atau gaun lengan panjang off shoulder. Atau pilihlah gaun dengan korset yang menyoroti pinggang Anda, sehingga dapat mengimbangi bahu Anda dan menciptakan bentuk ‘jam pasir’.

Gaun yang harus dihindari: Satu hal yang harus benar-benar anda perhatikan adalah jangan pernah mencoba untuk menyembunyikan bagian bahu Anda. Karena hal ini, biasanya malah dapat memberikan efek negatif yang tidak diinginkan. Hindari juga gaun pengantin dengan model tangan yang melebar, karena gaun yang demikian tentu akan membuat bahu Anda tampak semakin besar.

Potongan buah pir

Meskipun memiliki bagian atas tubuh yang ramping, namun orang dengan potongan tubuh seperti buah pir memiliki bagian bawah yang sedikit “berlebih” kalau tidak mau dikatakan cukup “bohay dan semok”. 😀

Gaun yang harus dipertimbangkan: Pertimbangkanlah model gaun pengantin dengan potongan yang lebih rendah dari pinggang atau gaun pesta tanpa lengan (strapless), karena model gaun seperti itu akan menutupi sedikit bagian bawah tubuh Anda, sehingga para tamu undangan akan lebih terfokus di bagian atas. Gaun dengan bagian bahu terbuka juga dapat menjadi alternatif lain untuk menarik perhatian para tamu ke bagian atas bagian tubuh, demikian juga gaun dengan potongan A-line.

Gaun yang harus dihindari: Hindari gaun pengantin panjang dengan model potongan leher V, karena model gaun yang demikian justru akan menarik perhatian ke bagian bawah tubuh anda.

Full figur

Anda memiliki bentuk tubuh yang penuh, dengan bagian dada yang besar serta pinggul yang melengkung?

Gaun yang harus dipertimbangkan: Cobalah memilih gaun pengantin dengan potongan puteri duyung atau terompet, karena model gaun seperti ini mampu menciptakan efek ramping. Atau cobalah Gaun A-line dengan potongan pinggang tinggi serta bagian leher yang rendah karena model gaun yang seperti itu, juga dapat menciptakan bentuk yang ideal.

Gaun yang harus dihindari: Hindarilah gaun pengantin ketat berbahan tipis atau potongan ketat dengan berbagai aksen ekstra di setiap sentinya, serta gaun dengan bagian tangan berbentuk tali temali. Karena gaun yang demikian justru akan semakin memperparah penampilan anda dipelaminan.

Boxy

Seseorang yang tinggi atau pendek, namun memiliki potongan pinggang seperti laki-laki, nyaris tanpa lekukan.

Gaun yang harus dipertimbangkan: Pertimbangkanlah gaun pengantin dengan potongan empire-waist, yaitu gaun pengantin dengan garis pinggang yang cukup dekat dengan bagian bawah dada. Atau pilihlah gaun dengan potongan pinggang basque, dimana bagian depannya biasanya dilengkapi dengan bentuk V mendalam, untuk menonjolkan kesan potongan pinggang yang lebih berlekuk.

Gaun yang harus dihindari: Hindarilah gaun pengantin yang cukup ketat serta gaun pengantin dengan potongan dibawah pinggang, yang justru akan membuat Anda tampil semakin ‘boxier’.

Mungil

Dan untuk anda yang memiliki bentuk tubuh yang mungil

Gaun yang harus dipertimbangkan: Pertimbangkanlah model gaun yang mampu membuat Anda tampil jauh lebih ‘besar’, seperti: gaun dengan potongan sederhana semisal potongan A-line atau gaun pengantin berpotongan ketat yang dapat membuat penampilan Anda terlihat lebih besar, terutama lebih tinggi.

Gaun yang harus dihindari: Sebetulnya, hampir semua model gaun pengantin, bisa dikatakan cukup cocok untuk dikenakan oleh orang-orang bertubuh mungil, dan jika ada model gaun pengantin yang sebisa mungkin harus dihindari oleh mereka yang bertubuh mungil, kemungkinan, hanyalah gaun pengantin dengan model yang terlihat cukup besar dengan pemakaian bahan tebal yang membuat Anda terlihat terbenam di dalamnya.

Tinggi

Anda memiliki tinggi badan di atas rata-rata?

Gaun yang harus dipertimbangkan: Tak dapat disangkal lagi, jika wanita yang bertubuh tinggi pastilah akan tampil menawan dengan berbagai model gaun pengantin, mulai dari yang berpotongan ketat hingga model A-line maupun gaun pesta. Dan untuk menyempurnakan penampilan anda, pemilihan gaun dengan ekor yang panjang mungkin dapat menjadi pilihan yang cukup tepat.

Gaun yang harus dihindari: Hindari gaun pengantin dengan potongan leher tinggi, karena hal itu justru akan memancing para tamu undangan untuk lebih terfokus ke bagian tubuh atas dan justru seolah membuat anda terlihat lebih tinggi lagi. Dan disisi lain, hindari juga tatanan rambut dengan hiasan yang menjulang tinggi.

Bony

Kurus adalah bentuk tubuh yang diminati banyak wanita. Namun terlalu kurus akan menciptakan masalah tersendiri.

Gaun yang harus dipertimbangkan: Pilihlah gaun dengan potongan leher bateau atau gaun tanpa lengan. Karena sebuah gaun pesta dengan bentuk feminim, dipercaya mampu menyeimbangkan siluet tubuh Anda secara keseluruhan dan menciptakan lekuk tubuh yang indah secara visual. Dan sebagai alternatif lain, cobalah juga model gaun pengantin yang memiliki potongan dramatis di bagian belakang.

Gaun yang harus dihindari: Jika Anda merasa cukup cemas dengan tulang leher Anda yang terlihat terlalu menonjol, hindarilah gaun dengan model off-shoulder atau potongan halter di bagian leher. Dan sebaliknya, jika bagian dada Anda tampak cukup rata, hindarilah gaun pernikahan dengan korset yang dilengkapi dengan kap.

Masalah lengan

Entah lengan Anda terlalu besar ataupun kurus.

Gaun yang harus dipertimbangkan: Pilihlah gaun pengantin dengan model lengan panjang atau lengan tiga per empat yang menggunakan bahan tipis, atau tambahkan bolero untuk menutupi bagian lengan Anda, yang sewaktu-waktu dapat anda buka jika Anda menginginkannya.

Gaun yang harus dihindari: Sebisa mungkin, hindarilah gaun pengantin bergaya off-shoulder atau model gaun serupa yang memiliki aksen khusus di bagian lengan, karena hal ini justru akan membuat para tamu undangan lebih terfokus pada bentuk lengan Anda yang bermasalah.

Leave a reply:

Your email address will not be published.