Inilah, 3 Destinasi Wisata Alam Terbaik di Gunung Kidul

Posted on

Pantai Baron

Belakangan ini kawasan Gunung Kidul menjadi primadona wisata baru di Yogyakarta. Lokasinya yang tepat berada di sisi selatan Yogyakarta membuatnya memiliki sederetan pantai berbatu dengan panorama sangat elok dan menawan. Tak hanya wisata pantai, Di Gunung Kidul kamu dapat menemukan beragam destinasi seru lain, termasuk wisata air terjun, wisata perbukitan, hingga wisata gua yang sedang “In” dikalangan anak muda disana. So, jika dalam waktu dekat kamu berencana mengunjungi Yogyakarta, tak ada salahnya untuk mampir sejenak ke Kabupaten Gunung Kidul untuk sekedar melepas lelah dan menjauh dari rutinitas perkotaan.


Lantas destinasi wisata apa sajakah yang bisa kalian temui di Gunung Kidul? Berikut beberapa diantaranya:

1. Keindahan Staglatit di Goa Pindul

Keindahan Staglatit di Goa Pindul

Salah satu tempat wisata baru di kawasan gunung kidul yang sedang hangat-hangatnya diperbincangan oleh para wisatawan adalah wisata goa pindul. Ditempat ini, para pengunjung dapat menikmati keindahan staglatit yang terlihat di bawah langit-langit goa dengan cara menyusuri areal sungai bawah tanah dengan menggunakan pelampung atau perahu karet. Para pegiat aktivitas outdoor biasa menyebutnya sebagai kegiatan cave tubing.

Ada tiga zona utama yang akan kamu temui ketika melakukan cave tubing didalam Goa Pindul. Yakni:

  1. Zona terang, di zona ini kamu dapat menyaksikan keindahan dalam gua dengan bantuan sinar matahari langsung yang masuk melalui celah-celah bebatuan yang terbilang masih cukup besar.
  2. Zona remang, di zona ini kamu akan mulai kesulitan untuk menemukan cahaya, karena hanya celah-celah kecil bebatuan yang masih bisa di lewati oleh cahaya matahari di zona ini. Namun justru hal itulah yang membuatnya tampak lebih eksotis, sebab cahaya-cahaya kecil yang berhasil menembus masuk itulah yang kemudian membentuk pantulan cahaya pada aliran sungai.
  3. Zona gelap, untuk dapat menyusuri zona ini kamu memerlukan senter, emergency light atau alat penerang lain.

2. Bukit Kecil Nan Eksotis di Pantai Baron

Bukit Kecil Nan Eksotis di Pantai Baron

Setelah puas menikmati wisata goa, kini saatnya menuju Pantai baron untuk menikmati keindahan gugusan laut selatan yang menakjubkan itu. Wisata pantai baron bisa dibilang merupakan cikal bakal dimulainya era wisata alam di gunung kidul. Karena selain Pantai Parangtritis, Pantai Baron merupakan salah satu destinasi pantai terbaik yang dimiliki Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Keindahan Pantai Baron dapat terlihat jelas dari air lautnya yang masih membiru secara alami, gugusan karang serta perbukitan kecil yang mengelilinginya. Setiap bulannya, Pantai Baron dikunjungi oleh setidaknya ribuan wisatawan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Menariknya, sumber pendapatan kabupaten Gunung Kidul yang berasal dari pantai ini tak hanya berasal dari kunjungan wisatawan, namun juga dari pendapatan hasil lautnya yang cukup melimpah.

3. Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung berapi yang pernah aktif ini diperkirakan sudah ada sejak 60 hingga 70 tahun yang lalu. Namun karena statusnya yang saat ini sudah tidak aktif lagi, maka gunung ini kemudian dialihfungsikan menjadi kawasan wisata oleh pemda setempat. Terletak di kecamatan Patuk, Gunung Kidul, Gunung Api Purba Nglanggeran berjarak kurang lebih 25 Km dari pusat kota Yogyakarta.

Jalan-jalannya yang sudah beraspal, membuat rute perjalanan yang harus kamu tempuh untuk dapat sampai ke lokasi wisata yang satu ini menjadi cukup mudah untuk dilalui. Berada di ketinggian 700 mdpl, menjadikan puncak Gunung Api Purba Nglanggeran sebagai salah satu spot terbaik untuk menikmati moment sunrise saat pagi menjelang.

Nah, itulah 3 dari sekian banyak destinasi wisata alam di gunung kidul yang wajib untuk kamu masukkan kedalam itinerary kamu selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.