Inilah, 3 Hal Istimewa yang Hanya dapat Kamu Temui di Pantai Klayar!

 

3 Hal Istimewa dari Pantai Klayar

Kalau di Jogja ada Pantai Parangtritis, maka di pacitan ada Pantai Klayar. Nama pantai klayar bahkan sempat diabadikan ke dalam sebuah lagu oleh sang maestro legendaris yang juga menyandang julukan sebagai “The Godfather of Broken Heart”-nya Indonesia. Yap, siapa lagi kalau bukan Alm. Didi Kempot alias Lord Didi. Wajar memang, karena sebagai salah satu “Pantai Legendaris” yang cukup terkenal di Jawa Timur (bahkan hingga Jawa Tengah), ada ribuan kenangan dan rasa rindu yang terus menghiasi pantai ini. Kenangan yang membuat siapapun enggan untuk beranjak, dan rasa rindu yang membuat siapapun ingin terus kembali ke tempat ini.

Lokasi Pantai Klayar

Lokasi Pantai Klayar

Berlokasi di Dusun Kalak, Desa Sendang, Kabupaten Pacitan. Pantai Klayar sendiri masih merupakan gugusan pantai selatan. Maka tak heran jika ombak di pantai inipun tergolong cukup besar. Tebing-tebing tinggi dan batu karang yang menjulang ke langit seakan turut menambah semarak kemegahan pantai ini.

Letaknya pun tergolong cukup strategis. Terutama jika ditempuh melalui wonogiri, praci (pracimantoro) atau wonosari. Karena ada puluhan papan penunjuk arah yang akan menuntunmu hingga sampai ke pantai ini. Sementara buat kamu yang hendak menempuhnya dari pusat Kota Pacitan. Kamu cukup berkendara sejauh 35 km ke arah barat. Atau sekitar sejam perjalanan jauhnya.

Harga Tiket Masuk Pantai Klayar

Harga tiket masuk ke pantai klayar pun terbilang cukup murah. Kamu cukup merogoh kocek sebesar 10 ribu rupiah saja/orang. Dengan tambahan biayar parkir motor sebesar 2 ribu, mobil sebesar 5 ribu, atau bus pariwisata sebesar 10 ribu.

3 Hal Istimewa dari Pantai Klayar

3 Hal Istimewa yang Hanya dapat Kamu Temui di Pantai Klayar

Terus apa aja sih yang istimewa dari pantai klayar? Buanyaakkk. Penasaran? Yuk kita ulas satu-persatu

1. Landscape yang bisa kamu nikmati dari atas tebing

Para pengunjung yang ingin mengabadikan panorama keindahan pantai klayar dari ketinggian, biasanya akan menyusuri jalur perbukitan untuk menuju ke atas tebing. Dari kawasan tebing inilah mereka biasanya menikmati panorama alam sekaligus mengabadikannya lewat lensa kamera.

2. Watu Lumbung

Di pantai klayar ada batu karang raksasa yang dijuluki Watu Lumbung atau Sphinx-nya Pacitan. Menurut warga sekitar, disaat-saat tertentu, watu lumbung ini biasanya akan mengeluarkan sebuah suara tertentu yang menyerupai suara gamelan.

3. Seruling Samudera

Seruling samudera merupakan sebuah fenomena alam yang paling ditunggu-tunggu oleh para pengunjung. Yap, disaat-saat tertentu rekahan atau lubang yang berada di batu karang akan mengeluarkan suara seperti suara seruling tatkala deru ombak dan hembusan angin menembus masuk melewati rekahan karang tersebut.

Nah, itulah 3 Hal Istimewa yang bisa kamu nikmati di pantai klayar.

Selain keindahan alamnya, pantai klayar juga cukup terkenal karena beragam mitos yang menyertainya. Misalnya mitos tentang 3 sumur berkah yang berada di belakang tebing. Menurut warga sekitar, banyak orang yang sengaja kemari untuk membasuh muka di sumur ini. Mereka percaya bahwa siapapun yang membasuh muka di 3 sumur berkah akan memancarkan aura kebaikan yang akan diikuti dengan berbagai berkah yang akan diterimanya. Bahkan menurut warga sekitar, banyak calon anggota dewan dan kepala daerah yang juga menyempatkan diri untuk melakukan ritual sebelum pencalonan dan pemilu di sumur ini.

Apapun itu, setiap kita akan tiba pada satu kesimpulan yang sama. Yakni, pantai klayar memanglah sebuah destinasi wisata yang istimewa. Maka buat kamu yang dalam waktu dekat hendak mengunjungi pantai ini, entah bersama pasanganmu ataupun keluarga besarmu. Jangan lupa untuk terus menerapkan protokol kesehatan 3M. Yakni Mencuci tangan, Menjaga Jarak, serta Mengenakan Masker.

Selamat berlibur….

Leave a reply:

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Site Footer