Inilah Perbedaan Air Purifier, Humidifier, Dan Diffuser Yang Perlu Anda Ketahui

Posted on

Udah yang bersih - Perbedaan Air Purifier, Humidifier, Dan Diffuser

Berada di dalam rumah, tak lantas bisa menjamin jika udara yang Anda hirup sudah sangat baik dan berkualitas. Tak jarang kualitas udara yang ada di dalam rumah pun perlu ikut diperhatikan, apalagi hal ini akan sangat berpengaruh pada kesehatan anggota keluarga di dalam rumah. untuk mengatasi kelembapan dan hal-hal lainnya yang berkaitan erat dengan kualitas udara yang sehat, banyak orang yang kemudian memutuskan untuk menggunakan air purifier, humidifier, dan diffuser. Banyak orang yang menyangka jika ketiga alat ini memiliki fungsi yang sama. Bahkan tak banyak yang mengetahui apa saja perbedaan air purifier humidifier diffuser pada saat membeli produk ini. alhasil sebagian besar orang justru membeli produk yang kurang sesuai dengan kebutuhan mereka. Padahal ketiganya memiliki perbedaan yang harus dipahami seperti yang kami rangkum dalam penjelasan di bawah ini.


Air Purifier

Air Purifier

Air purifier merupakan alat yang fungsi utamanya adalah untuk menjernihkan udara dengan menggunakan filter di dalamnya. Alat ini bekerja memurnikan udara di sekitarnya, sehingga udara tetap bersih dan terhindar dari berbagai macam bahaya seperti alergi, virus, dan bakteri. Cara kerjanya adalah dengan menghisap udara di dalam ruangan tersebut menggunakan bantuan kipas. Kemudian ditangkap oleh filter dan udara tersebut disaring.  Setelah itu alat ini akan mendistribusikannya kembali dengan udara yang pastinya memiliki kualitas yang lebih baik dari sebelumnya. Sehingga udara menjadi sangat segar, bebas dari debu, bakteri, kuman, dan partikel lainnya.

Biasanya alat ini sangat berguna untuk lingkungan yang memiliki kualitas udara cukup buruk. Misalnya saja, salah satu anggota keluarga Anda adalah perokok aktif maka air purifier inilah yang akan meminimalisir bau-bau yang tidak sedap seperti bau asap rokok serta mengurangi pertumbuhan jamur. Alat ini juga sangat direkomendasikan bagi Anda yang mempunyai alergan terhadap debu.

Jangkauan dari air purifier ini juga cukup beragam, jika Anda ingin menempatkan air purifier di ruangan yang kecil seperti kamar tidur maka Anda bisa memilih air purifier yang berukuran kecil dengan jangkauan area sekitar 6.5 m2. Namun jika Anda ingin menempatkannya di ruangan yang lebih besar seperti ruangan keluarga, maka Anda bisa menggunakan air purifier dengan jangkauan yang lebih besar.

Air Humidifier

Air Humidifier

Humidifier merupakan alat dengan fungsi utama yang dapat meningkatkan kelembapan udara di dalam ruangan. Dari cara kerjanya saja, Anda bisa melihat perbedaan air purifier humidifier diffuser.  Cara kerja dari humidifier sendiri adalah dengan menyemprotkan uap air ke udara. Hal ini bertujuan untuk mengikat bakteri, virus, dan lainnya. Sehingga humidifier memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan. Seperti dapat membantu penyembuhan sinusitis, batuk kering, radang tenggorokan, hingga kulit kering. Humidifier juga sangat bermanfaat bagi para penderita asma serta alergi tertentu yang biasanya disebabkan oleh udara.

Karena alat ini membutuhkan cukup banyak air, bahkan kebutuhannya bisa mencapai 3 liter. Karena itulah ukuran humidifier juga cenderung lebih besar. Penggunaannya sangat direkomendasikan pada ruangan atau tempat yang kering, seperti ruangan yang ber AC. Jika kondisi rumah atau ruangan Anda sudah sangat lembab, maka hindari untuk menggunakan air humidifier. Jika Anda menggunakan humidifier, ini malah akan menyebabkan ruangan atau rumah Anda menjadi tempat yang sangat nyaman bagi pertumbuhan dan perkembangan jamur. Karena itulah, sangat direkomendasikan untuk menggunakan humidifier pada ruangan yang kering.

Penggunaan humidifier sendiri juga sangat bermanfaat bahkan di saat kita tertidur, karena membantu menambah kelembapan kulit hingga mengurangi dengkuran. Oiya, Air humidifier juga tidak bisa menyemprotkan aroma therapy oil yang membuat ruangan menjadi wangi. Hal ini karena alat ini hanya dapat menggunakan Essential Oil dengan bahan dasar air.  Dari segi kecepatan menguap, karena humidifier menggunakan air maka lama atau tidaknya kecepatan penguapan sangat bergantung dari temperature yang ada di dalam ruangan. Jika udaranya kering dan temperaturnya tidak tinggi, maka tingkat kelembapannya bisa meningkat dengan cepat. Untuk penggunaan humidifier sendiri, akan lebih baik jika alat ini ditempatkan dalam ruangan yang besar seperti ruangan keluarga.

Diffuser

Diffuser

Diffuser merupakan alat yang memiliki fungsi untuk mendistribusikan essential oil pada udara yang ada di ruangan. Inilah manfaat utama dari diffuser yang dapat menyemprotkan aroma terapi atau minyak essensial. Namun selain itu, diffuser juga dapat membersihkan udara di dalam ruangan dan mengurangi pertumbuhan jamur dan bakteri. Sehingga udara yang ada di dalam ruangan bisa menjadi lebih segar dan juga wangi. Berbeda dari humidifier, diffuser lebih sedikit membutuhkan air. Rata-rata air yang digunakan hanya berkisar 300-500 ml. bahkan ada beberapa produk diffuser yang hanya memfokuskan pada fungsinya untuk mengharumkan ruangan sehingga tidak membutuhkan air sama sekali. Karena kebutuhan airnya yang kecil, tentu saja ukuran diffuser terbilang lebih kecil dibandingkan dengan humidifier. Diffuser dapat digunakan untuk ruangan dengan ukuran yang lebih kecil, semisal kamar tidur. Perbedaan lainnya dari humidifier adalah alat ini menggunakan minyak essensial, yang mana proses penguapan bisa terjadi hanya dalam waktu yang cukup singkat.

Nah itulah tadi perbedaan air purifier humidifier diffuser yang perlu Anda ketahui. Dengan mengetahui perbedaan diantara ketiga alat tersebut, Anda tentu akan lebih mudah untuk mendapatkan barang yang memang Anda butuhkan sesuai dengan kondisi dan temperatur udara di dalam rumah Anda. Nah, semoga sedikit informasi yang kami bagikan diatas dapat bermanfaat dan selamat memilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.