Menikmati Keindahan Rawa Pening dari Bukit Cinta Ambarawa

Menikmati Keindahan Rawa Pening dari Bukit Cinta Ambarawa

Credit image: @faridachusnia

Provinsi Jawa Tengah memang terkenal memiliki beragam destinasi wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan. Salah satu yang terkenal adalah Bukit Cinta Ambarawa. Sesuai namanya, destinasi wisata yang satu ini memang merupakan sebuah perbukitan. Dari tempat ini, para pengunjung dapat menikmati keindahan Bukit Brawijaya di kejauhan serta Rawa Pening dari atas ketinggian.

Selain karena keindahannya, bukit ini juga terkenal karena berbagai mitos yang masih dipercaya oleh masyarakat sekitar hingga saat ini. Mitos ini jugalah yang kemudian menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk berkunjung. Ada beberapa mitos yang berkembang di masyarakat. Namun salah satu yang paling terkenal adalah mitos yang berkaitan dengan larangan berpacaran atau memadu kasih di tempat ini. Yap,  masyarakat sekitar meyakini bahwa pasangan muda mudi yang berpacaran ditempat ini, namun belum berstatus sebagai sepasang suami istri. Justru akan menghadapi banyak rintangan dalam hubungan asmara mereka di waktu-waktu kedepan.

Namun menariknya, banyak pasangan muda mudi yang justru seakan ingin menguji kebenaran mitos ini dengan datang berkunjung bersama dengan kekasih mereka.

Berlibur ke Destinasi Wisata Bukit Cinta Ambarawa

Berlibur ke Destinasi Wisata Bukit Cinta Ambarawa

Credit image: @riovirtian

Berada di kawasan Rawa Pening memang membuat destinasi wisata Bukit Cinta Ambarawa tidak terpisahkan dari mitos dan legenda yang berkembang di masyarakat. Namun jika ingin sejenak menyingkirkan mitos dan legenda tersebut, destinasi ini memang menawarkan keindahan yang amat sulit ditolak oleh indera penglihatan kita.

Nggak percaya? Yuk, kita kulik lebih dalam lagi.

1. Sejarah Bukit Cinta Ambarawa

Pada masa kolonial Belanda, tempat ini awalnya dimanfaatkan sebagai gardu pantau untuk mengamati pertumbuhan tanaman eceng gondok di kawasan Rawa Pening. Namun seiring berjalannya waktu ~ setelah Belanda tidak lagi menduduki Semarang, gardu pantau tersebut kemudian diubah oleh pemerintah setempat menjadi gardu pandang, yang kemudian kian populer sebagai destinasi wisata.

2. Akses dan Lokasi Bukit Cinta Ambarawa

Hayo? udah pada tahu belum dimana lokasinya? Dan gimana akses jalan untuk menuju kesana?

Hah? belum tahu? beneran belum tahu? Ok, biar saya jelasin dikit.

Bukit Cinta Ambarawa terletak di Desa Kebondowo, tidak jauh dari kawasan Danau Rawa Pening. Tepatnya di Kecamatan Banyubiru, Semarang. Aksesnya pun tidak begitu sulit karena lokasinya yang cukup strategis. Kamu bisa menempuh tempat ini dengan berkendara menggunakan sepeda motor (jika hanya datang berdua) atau kendaraan roda empat, seperti halnya city car atau minibus (jika ingin datang bersama dengan anggota keluarga yang lain).

3. Fasilitas di Bukit Cinta Ambarawa

Ada beragam fasilitas menarik yang bisa kamu nikmati di Bukit Cinta Ambarawa. Mulai dari spot-spot instagramable yang biasa digunakan oleh para pengunjung untuk memperbaharui feed instagram mereka. Hingga pemandangan yang amat menakjubkan dari Danau Rawa Pening.

Fasilitas pendukung lain yang tak kalah penting adalah tempat ibadah, tempat makan, tempat parkir, toilet hingga area berbelanja oleh-oleh yang biasa dicari-cari oleh para pengunjung yang berasal dari luar kota. Bahkan ada pula area bermain dengan wahana bermain yang cukup lengkap untuk anak-anak. Dengan begitu, pengunjung yang membawa anak-anak bisa mengajak putra putri mereka untuk bermain di area ini, sembari cuci mata dan menikmati udara segar.

4. Biaya Tiket Masuk

Untuk dapat masuk ke kawasan Bukit Cinta Ambarawa, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 6.000 di hari biasa (belum termasuk biaya parkir) dan Rp 7.500 di akhir pekan dan hari libur (belum termasuk biaya parkir).

Oiya, biaya ini juga belum termasuk wahana tambahan seperti menaiki perahu. Maka bagi kamu yang ingin menaiki wahana yang satu ini, kamu harus terlebih dahulu membayar sebesar Rp 30.000 untuk menyewa perahu berkapasitas 6 orang, dengan durasi maksimal 1 jam.

5. Objek Wisata Lain di Sekitar Bukit Cinta Ambarawa

Kurang lengkap rasanya jika hanya berkunjung ke satu tempat saja di hari yang sama. Maka buat kamu yang membutuhkan referensi tempat wisata lain disekitar Bukit Cinta Ambarawa. Kamu bisa mengunjungi Gumuk Reco. Yap, di Gumuk Reco kamu bisa menikmati keindahan alam sekaligus menguji adrenalin di berbagai spot menantang yang cukup instagramable, seperti halnya Ondo Langit (Ayunan Langit) atau rumah pohon.

Nah, itulah beberapa hal yang wajib untuk kamu ketahui sebelum memutuskan untuk berwisata ke Bukit Cinta Ambarawa.

Leave a reply:

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Site Footer