Pengen Bikin Makanan Kucing Sendiri Dirumah? Bisa kok, Yuk Ikutin Resep Berikut!

Makanan Kesukaan Kucing

Guys, pernah nggak sih kamu kepikiran untuk bikin makanan kucing sendiri dirumah? Emang sih, jatohnya lebih ribet daripada beli Makanan kesukaan kucing yang sudah dalam bentuk kemasan itu. Tapi untuk sekedar ngisi waktu luang, kayanya aktivitas ini cocok deh untuk kamu lakukan.

Apalagi buat kamu yang lagi isolasi mandiri dirumah, alias masih dalam masa-masa WFH. Pasti bosen banget kan dirumah? Sementara mau keluar rumah jauh-jauh pun rasanya masih agak-agak parno gimana gitu. Alhasil, untuk sekedar beli makanan kucing di swalayan atau petshop aja kita malah jadi mikir berkali-kali dulu.

Nah, dari pada kelamaan mikir, kenapa nggak coba bikin sendiri aja dirumah? Toh bahan-bahannya juga cukup mudah kok untuk kita dapatkan. Penasaran? Yuk kita bahas satu persatu

1. Nasi Tempe Ikan Tuna

Nasi Tempe Ikan Tuna

Sesuai namanya, bahan dasar yang akan kita gunakan untuk membuat Makanan kesukaan kucing yang pertama adalah “Ikan Tuna”. So, udah jelas ya kalau yang akan kita buat kali ini adalah jenis wet food alias makanan basah. Maka usahakan untuk tidak menyimpannya selama lebih dari 2 hari.

Nah, sebelum mulai membuatnya, siapkan dulu ikan tuna, tempe, serta nasi lembek sesuai kebutuhan. Kalau kucing yang kamu pelihara cukup banyak, maka siapkan ikan tuna dan tempe yang lebih banyak. Tapi jika kucing yang kamu pelihara hanya 1 atau 2 ekor saja, maka kamu bisa menyesuaikannya sesuai dengan porsi makan mereka.

Kalau sudah, mari kita mulai untuk membuatnya.

1. Potong tempe secukupnya, tapi ingat jangan terlalu banyak, komposisinya kurang lebih hanya 20% dari keseluruhan makanan

2. Rebus/kukus tempe dan ikan tuna hingga mudah di hancurkan. Untuk ikan tunanya sendiri, komposisinya kurang lebih 50% dari keseluruhan makanan.

3. Pisahkan ikan dari duri dan kepalanya. Cukup sisakan bagian dagingnya saja.

4. Hancurkan tempe dan daging ikan tuna yang telah kita pisahkan tadi dengan meremasnya menggunakan tangan, kemudian campurkan dengan nasi lembek dengan komposisi kurang lebih 30% dari keseluruhan makanan

5. Taraa… Nasi Tempe Ikan Tuna siap untuk disajikan bagi si meow.

Jadi, komposisinya kurang lebih terdiri dari 20% tempe, 30% nasi lembek dan 50% ikan tuna. Tapi komposisi itu nggak saklek saklek banget kok guys, jadi kalau kamu berencana untuk mengubahnya, misal dengan menambahkan 10% daging ayam, bisa banget kok. Tinggal kurangi aja ikan tuna/nasi putihnya. Pokoknya kamu bebas berkreasi deh. Yang terpenting, komposisi ikan tuna disitu harus lebih banyak daripada komposisi bahan yang lain. Kenapa hayo? Karena sebelum memakannya, hal pertama yang akan dilakukan kucing adalah mengendusnya. Dan kalau dari aromanya saja dia sudah tidak tertarik, maka kecil kemungkinan dia akan memakannya. Itulah kenapa, kita menggunakan komposisi ikan tuna yang lebih banyak. Tujuannya, agar aroma ikan tuna tidak tertutup dengan aroma tempe atau nasi putih yang hanya berperan sebagai bahan tambahan.

2. Ayam giling telur goreng

Ayam Giling Telur Goreng

Nah, kalau di resep pertama tadi kita  telah sama-sama membuat wet food untuk si meow, maka kali ini, kita akan sama-sama belajar untuk membuat dry food. Tujuannya? Jelas agar kucing tidak mencret akibat terlalu sering mengkonsumsi wet food.

Nah untuk dry food kali ini. Silahkan siapkan daging ayam, telur dan tepung terigu. Bisa dibilang, cara membuatnya sedikit mirip dengan resep kacang telor.

Nah, kalau semua bahan tersebut telah kamu dapatkan. Sekarang saatnya untuk mulai membuatnya.

1. Campurkan telur dan sedikit tepung terigu, tambahkan minyak ikan jika ada.

2. Masukkan daging ayam yang telah digiling/dicincang ke dalam mangkuk adukan

3. Aduk sampai rata

4. Kalau sudah, bentuk adonan tadi sesuai seleramu, tapi ingat jangan terlalu besar supaya si meow mudah untuk memakannya.

5. Siapkan wajan berisi minyak.

6. Goreng adonan yg telah kamu bentuk tadi hingga matang.

7. Tiriskan, dan diamkan hingga dingin

8. Taraa… Ayam giling telur goreng siap untuk dihidangkan bagi si meow.

Nah, mudah bukan?

So, tunggu apa lagi? Segera wujudkan kreasimu sekarang juga.

0

Leave a reply:

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Site Footer