Tanda-Tanda Pencernaan Anak yang Sehat

Posted on

Tanda-Tanda Pencernaan Anak yang Sehat

Kesehatan pencernaan merupakan hal yang sangat penting dan harus selalu diperhatikan. Hal ini karena saluran pencernaan mempunyai peran yang amat penting bagi kesehatan kita yaitu mencerna makanan mulai dari mulut sampai ke usus, menyerap nutrisi untuk perkembangan otak, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan usus dan pencernaan anak sehat, pertumbuhan anak akan menjadi lebih optimal dan tentunya anak bisa tumbuh dengan sehat. Berikut ini adalah tanda-tanda anak yang mempunyai sistem pencernaan yang sehat dan berfungsi dengan normal:


1. Frekuensi buang air besar

Frekuensi buang air besar

Bayi yang baru lahir biasanya akan buang air besar sebanyak enam kali dalam sehari dengan feses berbentuk agak cair. Hal ini merupakan hal yang normal pada bayi, karena sistem pencernaannya yang memang belum sempurna. Nanti, seiring bertambahnya usia maka frekuensi buang air besar pada bayi akan berkurang dan fesesnya akan menjadi lebih padat karena saluran pencernaannya yang telah matang. Apabila frekuensi buang air besar terjadi terlalu sering dengan konsistensi cair dan disertai muntah, rewel, lemas, demam, dan nyeri pada perut Anak anda. Anda harus segera membawanya ke dokter.

2. Susah buang air besar

Susah buang air besar

Susah buang besar atau konstipasi yang dialami bayi yang meminum ASI eksklusif merupakan hal yang normal terjadi sehingga anda tidak perlu khawatir. Pada bayi yang minum ASI secara eksklusif, buang air besar sekali dalam seminggu merupakan hal yang normal selama tinja dengan kondisi yang lunak. Yang perlu anda khawatirkan adalah apabila buang air besar pada anak diiringi dengan tegang perut, muntah, nyeri perut, kembung, dan buang air besar berdarah.

3. Gumoh

Gumoh

Gumoh yang sering dialami oleh bayi adalah suatu hal yang normal. Hal ini ditunjukan oleh pernyataan dokter yang mengatakan bahwa sebanyak 60 persen bayi usia empat bulan mengalami gumoh minimal satu kali dalam sehari. Bahkan gumoh masih dialami bayi sampai usia 12 bulan. Apabila anak mengalami gumoh dalam jumlah yang banyak dan disertai dengan tidak naiknya berat badan, tidak mau makan, dan rewel anda perlu khawatir dan segera membawanya ke dokter.

4. Kembung

Kembung

Kembung adalah kondisi yang terjadi akibat mengkonsumsi makan makanan yang mengandung gas seperti kacang, brokoli, dan kubis. Selain itu, kembung juga bisa disebabkan karena makan yang terlalu cepat dan kebanyakan menelan ludah. Apabila kembung disertai dengan rasa nyeri di perut maka anda perlu khawatir.

Demikianlah tadi tanda-tanda pencernaan yang sehat pada anak. Sebagai orang tua, anda dituntut untuk selalu peka pada apa apapun yang terjadi pada anak, termasuk gangguan pada sistem pencernaan mereka. Terlebih jika mereka masih bayi, dan belum dapat mengatakan sakit yang mereka rasakan. Untuk konsultasi dan meminta resep obat anda bisa mengunjungi situs https://www.goapotik.com/.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.