Inilah, 5 Saat yang Paling Tepat untuk Mencuci Tangan

Posted on

5 Saat yang Paling Tepat untuk Mencuci Tangan

Supaya tetap sehat dan terhindar dari berbagai kuman dan bakteri penyebab penyakit, menerapkan gaya hidup sehat saja belumlah cukup. Selain menjaga pola makan, berolahraga secara rutin dan teratur serta beristirahat dengan cukup, mencuci tangan ternyata menjadi salah satu faktor penting lain yang harus kamu perhatikan jika ingin betul-betul terhindar dari kuman dan bakteri penyebab penyakit. Mengapa demikian? karena tanpa disadari, kedua tangan kitalah yang sebetulnya menjadi akses utama masuknya berbagai mikro organisme penyebab penyakit kedalam tubuh kita, bahkan banyak ahli kesehatan yang menyatakan bahwa 98% penyebaran virus dan bakteri penyebab penyakit justru diperantarai oleh tangan kita sendiri. Wow… sebuah fakta yang cukup mengejutkan bukan?


Sayangnya, kesadaran masyarakat kita untuk mencuci tangan secara teratur memang masih tergolong cukup rendah. Bahkan di beberapa daerah, hal ini justru diperparah dengan kondisi sanitasi lingkungan yang juga cukup buruk. Padahal, kalau saja kebiasaan yang satu ini mau lebih lagi kita tingkatkan, upayakan, serta ajarkan kepada anak-anak kita mulai dari usia yang masih amat sangat dini (usia pra-sekolah misalnya). Sudah barang tentu, kualitas kesehatan kita serta orang-orang disekitar kita akan turut meningkat. Karena kebiasaan mencuci tangan secara teratur merupakan salah satu cara paling efektif untuk memutus mata rantai penyebaran kuman penyakit.

Lantas kapan sebetulnya waktu yang paling tepat untuk mencuci tangan?

1. Sebelum menyentuh makanan

Mencuci Tangan Sebelum menyentuh makanan

Sekalipun tidak terlihat kotor, kamu amat sangat disarankan untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh makanan. Karena benda-benda yang telah kamu sentuh sebelumnya, seperti uang kertas atau logam, gagang pintu, dan beragam benda lain yang telah lebih dulu disentuh oleh orang lain, memiliki potensi yang sama besar untuk menyebarkan kuman penyakit kedalam tubuhmu. Ajarkan juga kebiasaan ini kepada anak-anak atau keponakanmu, supaya hingga menginjak usia dewasa nanti, kebiasaan ini bisa terus mereka ingat dan lakukan dalam kesehariannya.

2. Sebelum dan sesudah menjenguk orang sakit

Mencuci Tangan Sebelum dan sesudah menjenguk orang sakit

Jika kalian pernah menjenguk teman atau saudara kalian yang sedang dirawat dirumah sakit, biasanya para perawat yang sedang bertugas akan meminta kalian untuk menggunakan Hand Sanitizer terlebih dahulu sebelum memasuki kamar pasien. Mengapa demikian? agar ketika bersalaman atau memegang tubuh pasien, tangan kalian sudah benar-benar dalam keadaan steril dan tidak lagi berpotensi menularkan virus atau bakteri lain yang bisa jadi akan memperburuk kondisi kesehatan teman atau saudara kalian yang sedang sakit. Begitupun sebaliknya, setelah meninggalkan kamar pasien, kalian amat dianjurkan untuk menggunakan Hand Sanitizer sekali lagi dan sesampainya diluar rumah sakit, jika memungkinkan cucilah tangan kalian dengan sabun dan air mengalir.

3. Setelah buang air atau dari kamar mandi

Mencuci Tangan Setelah buang air atau dari kamar mandi

Toilet atau kamar mandi merupakan tempat favorit kuman dan bakteri penyebab penyakit untuk berkembang biak. Bahkan sebersih apapun toilet dirumah kita, akan selalu ada kuman, virus dan bakteri penyebab penyakit yang bersarang didalamnya. Itulah mengapa, mencuci tangan setelah buang air atau sebelum meninggalkan kamar mandi menjadi sebuah kebiasaan sederhana yang penting untuk kamu lakukan.

4. Setelah melakukan kontak langsung dengan hewan peliharaan

Mencuci Tangan Setelah melakukan kontak langsung dengan hewan peliharaan

Memiliki hewan peliharaan dipercaya dapat menurunkan resiko terjadinya penyakit, dan meningkatkan kualitas kesehatan seseorang, baik secara fisik maupun psikologis. Karena ketika sedang bermain-main dengan hewan peliharaanmu, secara tidak langsung kamu akan mulai melupakan stress atau kepenatanmu setelah seharian penuh beraktivitas. Dan tentu saja, melakukan kontak langsung dengan hewan peliharaan merupakan suatu aktivitas yang tidak bisa kamu hindari begitu saja, karena makin kamu menyayanginya, kamu pun akan memperlakukannya layaknya seorang teman, saudara atau bahkan anak sendiri, tak hanya mengelus dan mengajaknya bermain, kamupun bisa jadi akan menciuminya. Nah, setelah puas bermain-main dengan hewan peliharaanmu, usahakan untuk langsung mencuci tangan dan membersihkan dirimu sebelum menyentuh yang lain. Karena sebersih apapun hewan yang kita pelihara, kita tidak dapat memastikan apa saja yang telah disentuh atau diendusnya.

5. Sebelum tidur

Mencuci Tangan Sebelum tidur

Ketika tidur, tanpa sadar tangan kita bisa saja menyentuh bagian-bagian tubuh kita yang lain, entah itu mata, hidung, telinga dan pipi. Bahkan bagi anak kecil, tidak menutup kemungkinan bahwa merekapun akan juga menghisap jarinya ketika tertidur lelap. Itulah mengapa sebelum tidur, ada baiknya kita membiasakan diri untuk mencuci tangan, kaki, muka, serta menggosok gigi terlebih dahulu.

Nah, itulah 5 saat yang paling tepat untuk mencuci tangan. So, jangan sampai kelewatan ya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.